5 Pebulu Tangkis Top Dunia dengan Medali Olimpiade Terbanyak, Nomor 1 Sempat Dikaitkan dengan Indonesia

5 Pebulu Tangkis Top Dunia dengan Medali Olimpiade Terbanyak, Nomor 1 Sempat Dikaitkan dengan Indonesia

Olahraga | BuddyKu | Selasa, 7 Maret 2023 - 12:16
share

SEBANYAK 5 pebulu tangkis top dunia yang memiliki perolehan medali Olimpiade terbanyak, akan dibahas dalam artikel ini. Lima pebulu tangkis top dunia dengan perolehan medali Olimpiade terbanyak, salah satunya sempat dikaitkan dengan Indonesia .

Meraih medali Olimpiade merupakan prestasi terbesar yang didapat para atlet saat membela negara mereka. Dari cabang bulu tangkis, terdapat lima pebulu tangkis top dunia yang memiliki perolehan medali Olimpiade terbanyak.

Berikut 5 Pebulu Tangkis Top Dunia dengan Medali Olimpiade Terbanyak:

5. Kim Dong-moon

Kim Dong-moon

Kim Dong-moon, legenda bulu tangkis asal Korea Selatan (FOTO: BWF).

Pebulu tangkis Korea Selatan Kim Dong-moon menjadi salah satu pebulu tangkis top dunia yang memiliki medali Olimpiade terbanyak. Kim Dong-moon memiliki tiga medali Olimpiade yang terdiri dari dua medali emas dan satu medali perunggu.

Medali emas pertamanya didapat ketika bermain di sektor ganda campuran bersama Gil Young-ah di Olimpiade Atlanta 1996. Kim Dong-moon kemudian meraih medali perunggu di Olimpiade Sydney 2000 saat berpasangan dengan Ha Tae-kwon, mengalahkan pasangan Malaysia yakni Choong Tan Fook/Lee Wan Wah dalam perebutan tempat ketiga.

Medali emas kedua Kim Dong-moon didapat saat bermain di ganda putra, masih dengan psangan yang sama yakni Ha Tae-kwon pada Olimpiade Athena 2004. Kim Dong-moon/Ha Tae-kwon mengalahkan sesama pasangan dari Korea Selatan Lee Dong-su/ Yoo Yongsung di partai final.

4. Zhao Yunlei

Zhao Yunlei

Zhao Yunlei sempat menjadi andalan China di sektor ganda campuran (FOTO: BWF).

Zhao Yunlei, perempuan kelahiran 25 Agustus 1986 menjadi pebulu tangkis top dunia berikutnya yang memiliki perolehan medali Olimpiade terbanyak. Zhao Yunlei memiliki dua medali emas dan satu perunggu.

Dua medali emas yang didapat Zhao Yunlei, didapat di Olimpiade London 2012 ketika ia bermain di sektor ganda putri dan ganda campuran. Zhao Yunlei berpasangan dengan Tian Qing di sektor ganda putri ketika meraih medali emas, mengalahkan Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa dari Jepang dengan skor 2110, 2523.

Lalu di sektor ganda campuran, Zhao Yunlei berpasangan dengan Zhang Nan ketika meraih medali emas Olimpiade London 2012 mengalahkan sesama pasangan China Xu Chen/Ma Jin dengan skor 2111, 2117. Terakhir, medali perunggu didapat Zhao Yunlei di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, kembali mengalahkan sesama pasangan China Xu Chen/Ma Jin dengan skor 217, 2111 dalam perebutan tempat ketiga.

3. Zhang Nan

Zhang Nan

Zhang Nan, legenda bulu tangkis asal China (FOTO: BWF).

Masih dari pebulu tangkis dari China, Zhang Nan adalah pebulu tangkis top dunia berikutnya yang memiliki medali Olimpiade terbanyak. Zhang Nan memiliki dua medali emas Olimpiade dan satu medali perunggu Olimpiade.

Medali emas Olimpiade pertama didapatkan Zhang Nan di Olimpiade London 2012 dan medali emas kedua didapat Zhang Nan di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Mengalahkan Xu Chen/China Ma Jin di Olimpade London 2012 ketika berpasangan dengan Zhao Yunlei di ganda campuran dan mengalahkan ganda putra Malaysia Goh V Shem/Tan Wee Kiong di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Medali perunggu didapat Zhang Nan di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 saat berpasangan dengan Zhao Yunlei di sektor ganda campuran. Zhang Nan/Zhao Yunlei mengalahkan Xu Chen/Ma Jin dalam perebutan tempat ketiga.

2. Gao Ling

Gao Ling

Gao Ling, pebulu tangkis wanita asal China dengan medali Olimpiade terbanyak (FOTO: BWF).

Pebulu tangkis top dunia lainnya yang memiliki medali Olimpade terbanyak adalah Gao Ling, dengan koleksi dua medali emas, satu medali perak dan satu medali perunggu. Gao Ling memenangkan dua medali emas Olimpiade di Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004. Medali perak diraih di Olimpiade Athena 2004 dan medali perunggu didapat di Olimpiade Sydney 2000.

Medali emas Olimpiade didapat ketika bermain di sektor ganda campuran, berpasangan dengan Zhang Jun di Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004. Medali perak diraih di sektor ganda putri ketika berpasangan dengan Qin Yiyuan di Olimpiade Sydney 2000, medali perunggu juga didapat dari sektor ganda putri, kali ini berpasangan dengan Huang Sui di Olimpiade Athena 2004.

1. Fu Haifeng

Fu Haifeng

Fu Haifeng merupakan pebulu tangkis China yang memiliki darah keturunan Indonesia (FOTO: REUTERS).

Daftar puncak pebulu tangkis top dunia dengan medali Olimpiade terbanyak adalah Fu Haifeng. Pebulu tangkis yang sempat dikaitkan dengan Indonesia. Fu Haifeng memang memiliki darah keturunan Indonesia, darah Indonesia milik Fu Haifeng berasal dari sang kakek.

Tapi, Fu Haifeng lebih memilih China sebagai negara yang ingin dibelanya. Bersama China, Fu Haifeng berhasil memenangkan dua medali emas dan satu medali perak.

Dua medali emas didapatkan Fu Haifeng saat bermain di Olimpiade London 2012 dan Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Kedua medali emas tersebut didapat dari sektor ganda putra dengan pasangan yang berbeda. Di Olimpiade London 2012, Fu Haifeng berpasangan dengan Cai Yun, dan di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Fu Haifeng berpartner dengan Zhang Nan.

Satu medali perak didapatkan Fu Haifeng di Olimpiade Beijing 2008, Fu Haifeng yang berpasangan dengan Cai Yun pada saat itu, kalah di partai final dari pasangan Indonesia Markis Kido/Hendra Setiawan.

Topik Menarik