9 Pesepakbola Indonesia yang Berprofesi sebagai Polisi, TNI, dan Perwira, Nomor 1 Mantan Andalan Timnas Indonesia

9 Pesepakbola Indonesia yang Berprofesi sebagai Polisi, TNI, dan Perwira, Nomor 1 Mantan Andalan Timnas Indonesia

Olahraga | BuddyKu | Selasa, 14 Februari 2023 - 21:44
share

SEBANYAK 9 pesepakbola Indonesia yang berprofesi sebagai Polisi, TNI , dan Perwira akan diulas dalam artikel ini. Salah satu di antaranya adalah seorang mantan pemain Timnas Indonesia.

Ada banyak beragam latar belakang yang mewarnai para pesepakbola Indonesia. Bahkan, ada beberapa pesepakbola Tanah Air yang justru memiliki profesi sebagai abdi negara.

Bhayangkara FC vs Persikabo 1973

Beberapa di antara mereka diketahui juga berprofesi sebagai Polisi, TNI, dan Perwira Lantas, siapa saja mereka? Simak berikut ini 9 pesepakbola Indonesia yang berprofesi sebagai Polisi, TNI, dan Perwira yang tak banyak orang ketahui.

9 Pesepakbola Indonesia yang Berprofesi sebagai Polisi, TNI, dan Perwira

9. Andy Setyo Nugroho

Andy Setyo

Pemain asal Pati, Jawa Tengah ini pernah menjadi pemain Timnas Indonesia. Andy Setyo Nugroho bahkan pernah memegang ban kapten saat membela Timnas Indonesia U-19. Mengawali karier sepakbola bersama Borneo FC, prajurit aktif TNI Angkatan Darat berpangkat sersan dua ini membela Persikabo 1973 di Liga 1.

8. Sani Rizki Fauzi

Sani Rizki Fauzi

Bek kanan Bhayangkara FC ini diketahui memiliki prestasi yang luar biasa. Sani Rizki berhasil membantu Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF U-22 2019. Setahun setelah bergabung dengan klub papan atas Liga 1 itu, pemain 25 tahun ini berkesempatan menjadi anggota Kepolisian dengan pangkat Brigadir Satu.

7. Indra Kahfi

Indra Kahfi

Pemain Bhayangkara FC lainnya yang tercatat sebagai anggota kepolisian adalah Indra Kahfi. Pemain 36 tahun ini diketahui berpangkat sebagai Inspektur 2. Pada 2018 lalu, pemain bek kanan ini baru saja menyelesaikan pendidikan polisi menuju jenjang perwira.

6. Muhammad Hargianto

Muhammad Hargianto

Mantan bintang Timnas Indonesia U-19, Muhammad Hargianto ini juga memiliki karier sebagai polisi berpangkat Brigadir Dua. Pemain 26 tahun ini masuk sebagai anggota kepolisian melalui jalur atlet. Kini, gelandang bertahan keamaan ini membela Bhayangkara FC.

5. Putu Gede Juni Antara

Putu Gede Juni Antara

Sama halnya dengan Muhammad Hargianto, Putu Gede Juni Antara juga anggota polisi yang berpangkat Brigadir Dua. Bek kanan yang pernah menjadi andalan Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri ini bergabung dengan Bhayangkara FC pada 2014 lalu.

4. Ikhfanul Alam

Ikhfanul Alam

Mantan pemain Bhayangkara satu ini kini memperkuat klub Arema FC di Liga 1 sebagai bek. Selain sebagai pesepakbola, pemain 30 tahun ini juga berprofesi sebagai anggota brimob. Di sela-sela aktivitasnya sebagai pemain, ia masih sering ditugaskan untuk menjalankan pengamanan oleh kepolisian.

3. Frets Listanto Butuan

Frets Butuan

Pemain Persib Bandung satu ini juga pesepakbola Indonesia yang berstatus anggota TNI. Frets Butuan memang tercatat sebagai anggota TNI aktif yang kini bertugas di Batalyon Infanteri Lintas Udara 330, Cicalengka. Bek kiri andalan Persib Bandung ini berpangkat sebagai Prajurit Satu (Prada Satu).

2. Abduh Lestaluhu

Abduh Lestaluhu

Abduh Lestaluhu juga merupakan menjadi TNI lewat jalur Persikabo 1973. Namun kini, sang bek kiri membela klub Liga 1 lainnya, yaitu Persis Solo.

Pernah membela SAD Indonesia, Abduh juga menjadi andalan Timnas Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Abduh pun termasuk prajurit aktif TNI berpangkat sersan dua yang pernah bertugas sebagai Polisi Militer.

1.Manahati Lestusen

Manahati Lestusen

Penggemar sepakbola Indonesia tentu tak asing dengan gelandang kenamaan satu ini. Pemain 29 tahun ini pun diketahui memiliki karier sepakbola yang luar biasa di kancah internasional.

Sebelum bergabung dengan Persikabo 1973, Manahati Lestusen adalah salah satu jebolan program SAD Indonesia yang berlaga di Uruguay. Manahati pun sempat membela Penarol, klub Uruguay.

Selain berkarier di Uruguay, prajurit TNI berpangkat sersan dua ini pernah bermain di Belgia bersama CS Vise. Sekembalinya ke Indonesia, ia diketahui beberapa kali menjadi andalan Timnas Indonesia.

Topik Menarik