Gawat! Pemain Timnas Indonesia U-17 Mulai Star Syndrome

Gawat! Pemain Timnas Indonesia U-17 Mulai Star Syndrome

Olahraga | inews | Senin, 26 Agustus 2024 - 10:41
share

GIANYAR, iNews.id – Beberapa pemain Timnas Indonesia U-17 mendapat sorotan karena mulai star syndrome. Hal itu diutarakan langsung Pelatih Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto. 

Skuad Garuda Asia baru saja membantai Timnas India U-17 3-1 pada uji coba pertama di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Minggu (25/8/2024) malam. Setelah pertandingan, Nova melihat ada beberapa pemain yang sudah merasa menjadi bintang. 

Sang arsitek pun gusar. Dia menegaskan, sifat seperti itu harus dijauhkan para pemain karena perjalanan karier mereka baru dimulai.

"Cuma yang saya sayangkan, ada pemain saya mulai tinggi hati dan sombong. Saya paling enggak suka pemain saya mulai sombong, karena itu akan menjadi awal dari kehancuran mereka," kata Nova di Bali, Minggu (25/8/2024).

Mantan bek Persib Bandung itu berharap para pemain tetap rendah hati dan punya kemamuan dapat terus berkembang. Dia optimistis hal itu akan berdampak positif untuk karier pemain Timnas Indonesia U-17 ke depan.

"Saya berharap itu (star syndrome) tidak terjadi lagi dan pemain bisa introspeksi agar ke depannya bisa lebih baik," harapnya.

Ke depan, Nova akan berusaha membuat para pemain lebih punya semangat tinggi dan bersemangat dalam setiap latihan agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sebab, dia merasakan hal-hal tersebut seperti menghilang dalam Timnas Indonesia U-17.

"Mereka harus bekerja seperti apa yang sebelum kita lakukan di AFF. Saya merasa mereka mulai lupa diri, tinggi hati," katanya.

Berikutnya, Tim Garuda Asia akan kembali meladeni lawan yang sama, Selasa (27/8/2024) besok. Pertandingan itu akan kembali digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta. 

Dua kali uji coba tersebut dilakukan sebagai persiapan sebelum Timnas Indonesia U-17 tampil pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Di ajang itu, Indonesia tergabung di Grup G bersama tuan rumah Kuwait, Australia dan Kepulauan Mariana Utama. 

Perjuangan Garuda Asia akan dimulai dengan meladeni Kuwait pada 23 Oktober 2024. Di laga kedua, Indonesia bakal menghadapi Kepulauan Mariana Utara, 25 Oktober, dan melawan Australia, 27 Oktober mendatang. 

Hanya juara grup dan lima runner up terbaik yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2025 di Arab Saudi. 

Topik Menarik