Apa yang Terjadi jika Kartu ATM Sudah Lama Tidak Digunakan?

Apa yang Terjadi jika Kartu ATM Sudah Lama Tidak Digunakan?

Terkini | okezone | Rabu, 25 September 2024 - 14:36
share

JAKARTA – Apa yang terjadi jika kartu ATM sudah lama tidak digunakan? Salah satu alat transaksi yang paling banyak dan sering digunakan oleh nasabah bank adalah kartu ATM, yang biasanya dikeluarkan oleh setiap bank.

Kartu ATM biasanya digunakan untuk melakukan transfer, tarik tunai, pembayaran dan transaksi lainnya di ATM, karena itu biasanya disebut kartu ATM.

Sudah menjadi hal umum bahwa masyarakat memiliki beberapa rekening bank untuk berbagai tujuan, seperti menabung, membayar gaji, dan melakukan transaksi harian atau kebutuhan lain.

Namun bagaimana jika kartu ATM sudah lama tidak digunakan? Beberapa hal bisa terjadi tergantung pada kebijakan bank yang bersangkutan. Berikut beberapa kemungkinan terjadi jika kartu ATM sudah lama tidak digunakan.

1. Akun Diblokir Sementara

Banyak bank yang memiliki kebijakan untuk memblokir sementara akun yang tidak aktif dalam jangka waktu tertentu (misalnya 6 bulan hingga 1 tahun). Ini dilakukan untuk mencegah aktivitas yang mencurigakan atau penyalahgunaan rekening.

2. Kartu ATM Kedaluwarsa

Kartu ATM memiliki tanggal kedaluwarsa yang tercantum di kartunya. Jika kartu sudah melewati tanggal ini, kartu akan otomatis tidak bisa digunakan lagi, meskipun saldo di rekening masih ada. Anda harus mengunjungi bank untuk memperbarui atau mengganti kartu ATM.

3. Rekening Tidak Aktif

Jika Anda tidak melakukan transaksi apapun (termasuk menggunakan kartu ATM) dalam jangka waktu yang lama, rekening bisa dianggap tidak aktif. Biasanya, bank akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu sebelum menonaktifkan akun Anda.

Setelah itu, Anda mungkin perlu melakukan aktivasi ulang di kantor bank.

Topik Menarik