Sinopsis Film Oblivion, Bumi Pasca-serangan Alien

Sinopsis Film Oblivion, Bumi Pasca-serangan Alien

Terkini | okezone | Rabu, 25 September 2024 - 21:24
share

JAKARTA - Sinopsis film Oblivion akan dibahas dalam artikel Okezone kali ini. Oblivion adalah film aksi-petualangan pasca-apokaliptik Amerika yang dirilis pada tahun 2013. Film ini diproduksi dan disutradarai oleh Joseph Kosinski, dengan naskah yang ditulis oleh Karl Gajdusek dan Michael deBruyn. 

Tom Cruise memerankan karakter utama, didukung oleh Morgan Freeman, Olga Kurylenko, Andrea Riseborough, Nikolaj Coster-Waldau, dan Melissa Leo. 

Film ini diadaptasi dari novel grafis karya Kosinski yang belum dipublikasikan, dan terinspirasi dari film fiksi ilmiah tahun 1970-an. Latar ceritanya berada di tahun 2077, di mana Bumi telah hancur akibat perang dengan alien. Seorang teknisi perawatan yang hampir menyelesaikan misinya menemukan seorang wanita yang selamat dari kecelakaan pesawat luar angkasa, yang membuatnya mempertanyakan tujuannya dan mengungkap kebenaran di balik perang tersebut.

Menurut ulasan Rotten Tomatoes, film ini mendapat peringkat persetujuan sebesar 54 berdasarkan 259 ulasan dan skor rata-rata 5,90/10.

Sinopsis Film Oblivion, Bumi Pasca-serangan Alien

Sinopsis Film Oblivion

 Pada tahun 2077, Jack, seorang teknisi perbaikan, dan Victoria, petugas komunikasi, adalah dua orang terakhir yang tampaknya masih hidup di Bumi. Pada tahun 2017, alien yang disebut "scavenger" menghancurkan Bulan dan menyerang Bumi. Meskipun manusia memenangkan perang, penggunaan senjata nuklir membuat Bumi tidak bisa dihuni lagi. Tugas Jack adalah memperbaiki drone tempur yang memburu sisa-sisa scavenger dan melindungi platform hidropanasi yang mengubah air laut menjadi energi fusi. Mereka melaporkan pekerjaannya kepada Sally, komandan yang berada di "Tet", sebuah stasiun luar angkasa yang mengorbit Bumi. Dalam waktu dua minggu, mereka akan berangkat ke bulan Saturnus, Titan, untuk bergabung dengan para kolonis di sana. Meskipun ingatan Jack dan Victoria telah dihapus, Jack sering bermimpi tentang kehidupan sebelum perang bersama seorang wanita yang tidak dikenal.

Saat mencari drone yang rusak di reruntuhan Perpustakaan Umum New York, Jack berhasil melarikan diri dari jebakan scavenger. Sementara itu, salah satu platform hidropanasi hancur. Jack menemukan bahwa scavenger sedang mengirim koordinat dari antena di Empire State Building ke luar angkasa. Dia sesekali mengunjungi danau terpencil yang masih ditumbuhi tanaman dan kabin kecil yang ia bangun, penuh dengan kenangan dari masa lalu Bumi.

Sebuah objek jatuh dari langit ke koordinat tersebut. Jack menemukan lima manusia dalam kapsul tidur, termasuk wanita yang ada dalam mimpinya. Sebuah drone menghancurkan empat kapsul, tetapi Jack berhasil menyelamatkan wanita itu dan membawanya ke markas udara miliknya dan Victoria. Wanita tersebut, Julia, adalah seorang astronot NASA yang telah berada dalam animasi suspensi selama 60 tahun di atas pesawat luar angkasa Odyssey.

Jack dan Julia kemudian mengambil perekam penerbangan Odyssey, tetapi mereka ditangkap oleh scavenger dan dibawa ke Kompleks Gunung Raven Rock. Pemimpin scavenger, Malcolm, mengungkapkan bahwa scavenger sebenarnya adalah manusia yang menyamar, bersembunyi dari drone. Malcolm membebaskan Jack dan Julia, dan mendesak Jack untuk mengunjungi Zona Radiasi, daerah yang selama ini ia anggap berbahaya, agar mereka bisa menemukan kebenaran. Julia membantu Jack mengingat bahwa ia adalah istrinya.

Victoria, yang cemburu melihat kedekatan Jack dan Julia, melaporkan kepada Sally bahwa dia dan Jack sudah tidak lagi menjadi "tim yang efektif". Sally kemudian mengirim drone untuk membunuh Victoria. Jack dan Julia kabur dengan jet mereka dan berhasil menghancurkan drone yang mengejar mereka, namun mereka jatuh di gurun.

Di sana, Jack bertemu dengan klonnya sendiri yang sedang memperbaiki drone yang rusak. Mereka bertarung, dan Jack berhasil melumpuhkan klon tersebut meskipun Julia terluka akibat pertempuran itu. Jack menyamar sebagai klonnya untuk kembali ke markas dan mengambil persediaan medis. Di markas, ia bertemu dengan klon Victoria. Setelah itu, Jack membawa Julia ke kabinnya di tepi danau, di mana ia akhirnya sembuh.

 

Kembali di Raven Rock, Malcolm mengungkapkan bahwa Tet sebenarnya adalah mesin kecerdasan alien yang sedang mengeksploitasi sumber daya Bumi. Penghancuran Bulan menyebabkan gempa bumi dan tsunami yang menghancurkan Bumi, diikuti dengan invasi ribuan klon Jack. Rencana untuk pergi ke Titan dan kemenangan umat manusia hanyalah kebohongan.

Para penyintas menurunkan kapal luar angkasa Odyssey demi reaktor nuklirnya untuk membuat bom. Jack kemudian memprogram ulang drone yang ditangkap untuk membawa bom ke Tet, namun drone lain menyerang markas dan menghancurkan drone tersebut, melukai Malcolm parah. Jack dan Julia akhirnya menawarkan diri untuk mengantarkan bom tersebut secara manual ke Tet.

Topik Menarik