Indonesia Negara Paling Dermawan di Dunia, Jokowi: Peringkat Satu

Indonesia Negara Paling Dermawan di Dunia, Jokowi: Peringkat Satu

Terkini | okezone | Rabu, 25 September 2024 - 14:48
share

JAKARTA – Indonesia menempati peringkat satu negara paling dermawan di dunia. Presiden Jokowi mengungkapkan ranking satu ini diperoleh Indonesia berdasarkan survei Internasional.

Sementara, menurut laporan World Giving Index 2023 dari Charities Aid Foundation (CAF) Indonesia sudah 6 tahun berturut-turut menjadi negara paling dermawan.

“Dan Indonesia menurut survei internasional yang terakhir itu adalah negara yang paling dermawan di seluruh dunia, paling dermawan ranking satu. Itu luar biasa Alhamdulillah,” kata Jokowi saat membuka Rakornas Baznas Tahun 2024, Istana Negara IKN, Rabu (25/9/2024).

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengungkapkan bahwa pertumbuhan zakat, infaq, dan sedekah di Indonesia rata-rata naik 30 per tahun. Kenaikan ini semakin signifikan ketika gerakan cinta zakat di tahun 2021 digaungkan.

“Sejak dimulainya gerakan cinta zakat di 2021, pertumbuhan zakat infaq dan sedekah di Indonesia rata-rata naik kurang lebih 30 per tahun. Ini angka pertumbuhan yang cukup besar,” ungkapnya.

Untuk itu Jokowi mengapresiasi dan menghargai kerja keras seluruh jajaran di Baznas sehingga pertumbuhan tersebut mampu terus dicapai. Apalagi, Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Dengan begitu, potensi zakat masih sangat besar untuk digali dan dikelola.

Topik Menarik