Keajaiban Zikir dan Doa setelah Sholat Tahajud, Raih Kedamaian dan Ampunan

Keajaiban Zikir dan Doa setelah Sholat Tahajud, Raih Kedamaian dan Ampunan

Gaya Hidup | nganjuk.inews.id | Sabtu, 14 September 2024 - 09:40
share

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Sholat tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam, terutama pada sepertiga malam terakhir. Setelah menunaikan sholat tahajud, disunnahkan untuk melanjutkan dengan zikir dan doa.

 

 Zikir dan doa ini menjadi penyempurna ibadah sholat tahajud, sekaligus menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah. Dalam berbagai hadits, dijelaskan banyak keutamaan dari melaksanakan sholat tahajud beserta zikir dan doa setelahnya.

 

Zikir dan Doa Setelah Sholat Tahajud

 

Setelah sholat tahajud, sangat dianjurkan untuk memperbanyak zikir dan doa. Berikut beberapa amalan zikir dan doa yang dapat diamalkan:

 

1. Zikir

 

   a. Istighfar (memohon ampunan kepada Allah)

 

   _"Astaghfirullahal 'adzim alladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih."_ 

   Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

 

   b. Tasbih, Tahmid, Tahlil, dan Takbir

 

   _"Subhanallah, walhamdulillah, wa laa ilaaha illallah, wallahu akbar."_

   Artinya: "Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar."

 

2. Doa Setelah Sholat Tahajud

 

   Salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW setelah sholat tahajud adalah sebagai berikut:

Arab:


اللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اللّٰهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ أَوْ لَا إِلٰهَ غَيْرُكَ.

Latin


Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samawaati wal ardhi wa man fiihinna, walakal hamdu anta nuurus samawaati wal ardhi wa man fiihinna, walakal hamdu anta rabbus samawaati wal ardhi wa man fiihinna. Antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa qawluka haqqu, wa liqa’uka haqqu, wal jannatu haqqu, wan naaru haqqu, wannabiyyuuna haqqu, wa Muhammadun shallallahu ‘alayhi wasallam haqqu, was saa’atu haqqu. Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alayka tawakkaltu, wa ilayka anabtu, wa bika khasamtu, wa ilayka hakamtu. Faghfirli maa qaddamtu wa maa akhkhartu, wa maa asrartu wa maa a’lantu, antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha illa anta (aw laa ilaaha ghayruka).

 

Artinya: "Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau Penegak langit dan bumi serta segala isinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Cahaya langit dan bumi serta segala isinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Penguasa langit dan bumi serta segala isinya. Engkau-lah yang Haq, janji-Mu benar, firman-Mu benar, perjumpaan dengan-Mu benar, surga benar, neraka benar, para nabi benar, Nabi Muhammad SAW benar, dan hari kiamat itu benar. Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali, hanya dengan-Mu aku berjuang, dan hanya kepada-Mu aku berhukum. Maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang akan datang, yang aku sembunyikan dan yang aku nyatakan. Engkau-lah Yang Maha Awal dan Yang Maha Akhir, tiada Tuhan selain Engkau."

 

Berikut adalah beberapa keutamaan zikir dan doa setelah sholat tahajud:

 

1. Dikabulkannya Doa

 

   Salah satu keutamaan terbesar dari doa setelah sholat tahajud adalah janji Allah untuk mengabulkan permohonan hamba-Nya.

Rasulullah SAW bersabda: 

   _"Tuhan kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya. Siapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampuninya.’"_ (HR. Bukhari dan Muslim).

 

2. Mendapatkan Kedamaian dan Ketenangan Jiwa

 

   Zikir kepada Allah setelah tahajud memberikan ketenangan batin dan menenangkan hati.

 

Allah SWT berfirman: 

   _"Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram."_ (QS. Ar-Ra’d: 28)

 

3. Didekatkan kepada Allah

 

   Orang yang rajin berzikir dan berdoa setelah sholat tahajud akan semakin dekat dengan Allah. Ini adalah bentuk ketaatan yang tinggi, dan Allah akan memberikan kasih sayang-Nya kepada hamba yang selalu mengingat-Nya di waktu-waktu terbaik.

 

4. Diberi Ampunan oleh Allah

 

   Dalam zikir setelah tahajud, seseorang banyak memohon ampun kepada Allah (istighfar). Keutamaan istighfar di malam hari, terutama setelah sholat tahajud, adalah diampuninya dosa-dosa yang telah lalu dan mendapat rahmat Allah.

 

5. Menguatkan Iman dan Ketakwaan

 

   Zikir dan doa setelah tahajud memperkuat iman dan meningkatkan takwa kepada Allah. Dengan memperbanyak zikir di waktu yang mustajab, seseorang akan selalu terjaga dalam ketaatan dan jauh dari kemaksiatan.

 

6. Memperoleh Cahaya di Akhirat

 

   Melaksanakan sholat tahajud dan dilanjutkan dengan zikir serta doa memberikan cahaya di hari kiamat. Orang yang rajin melakukannya akan mendapat kemuliaan di sisi Allah dan dibimbing menuju jalan yang benar.

 

 7. Tanda Kesalehan dan Kecintaan kepada Allah

 

   Rajin berzikir dan berdoa setelah tahajud adalah tanda kesalehan seorang hamba dan bukti cinta yang besar kepada Allah. Ketaatan ini menunjukkan keikhlasan dan pengabdian yang tinggi terhadap perintah Allah.

 

Dengan memperbanyak zikir dan doa setelah sholat tahajud, seorang muslim akan mendapatkan keutamaan dunia dan akhirat yang tak terhingga, serta hidupnya akan selalu diberkahi dan dipenuhi rahmat Allah SWT.

Topik Menarik