16 Bos Perusahaan Tambang Bertemu Jokowi, Siap Bentuk Konsorsium untuk Investasi di IKN

16 Bos Perusahaan Tambang Bertemu Jokowi, Siap Bentuk Konsorsium untuk Investasi di IKN

Ekonomi | inews | Rabu, 9 Oktober 2024 - 18:31
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani bersama belasan pengusaha tambang menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (9/10/2024). Pertemuan tersebut juga dihadiri Menteri ESDM Bahlil Lahadalia dan Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono.

Rosan mengungkapkan, lebih dari 16 pengusaha tambang akan berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Yang intinya mereka, kita bertemu dengan Pak Presiden untuk berinvestasi di IKN. Jadi kesempatan itu memang ada dan terbuka, tadi sudah ada pembicaraan, di antaranya untuk istilahnya mereka kan kebanyakan kalau perusahaan batu bara ini bergerak di Kalimantan. Jadi. dari Kalimantan untuk Kalimantan. Jadi itu temanya," ucap Rosan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Rosan menambahkan, investasi yang akan dilakukan para pengusaha tersebut bervariasi. Di antaranya, membangun theme park sesuai dengan komunitas yang ada di IKN.

"Jadi ini adalah suatu kerja sama dari para pengusaha tambang untuk membangun IKN bersama-sama," tuturnya.

Rosan mengatakan, para pengusaha tambang akan membentuk konsorsium bersama untuk membangun properti di IKN.

"Karena yang tadi bertemu dengan Bapak Presiden dan rencananya mereka akan membentuk konsorsium bersama. Karena memang ini kan perusahaan tambang ya mereka ahlinya di pertambangan. Jadi kalau untuk membangun misalnya properti akan diserahkan ke ahli properti, tetapi ini adalah konsorsium bersama dalam rangka ya membangun, kita istilahnya mungkin komunitas ya biar ada," tuturnya.

Selain itu, dia juga mengungkapkan rencana Presiden Jokowi untuk membawa 16 pengusaha batu bara ke IKN pada Jumat pekan ini.

Para pengusaha, kata Rosan, akan diajak untuk melihat langsung perkembangan pembangunan IKN dan potensi investasi di kawasan tersebut.

"Dan Jumat, nanti Jumat pagi rencana kita yang tadi hadir disini akan meninjau langsung. Karena tadi Pak Boy (Thohir) menyampaikan, seeing is believing. Biar mereka bisa melihat pembangunan yang begitu baik, begitu lancar di IKN ini," ucapnya.

Topik Menarik