Zulhas Sapa Anindya Bakrie di Hadapan Jokowi: Kadin Sudah Akur, Kompak

Zulhas Sapa Anindya Bakrie di Hadapan Jokowi: Kadin Sudah Akur, Kompak

Ekonomi | inews | Rabu, 9 Oktober 2024 - 16:46
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyinggung posisi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia berseloroh jika Kadin saat ini sudah kompak dan tidak bergejolak.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Zulhas ini saat membuka Trade Expo Indonesia ke-39 di ICE BSD, Tangerang, Rabu (9/10/2024). Pada awalnya Zulhas menyapa tamu yang hadir, mulai dari Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan hingga Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

"Wakil Menteri Perdagangan, para Duta Besar negara-negara sahabat di Indonesia, para duta besar Indonesia di negara sahabat," ucap Zulhas saat memberikan sambutan.

Saat menyambut Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie, Zulhas menyebut di hadapan Jokowi bahwa polemik Ketua Umum telah usai.

"Ketua Kadin. Kadin sudah akur pak, udah aman, udah kompak, Anindya Bakrie," katanya.

Mendengar penyampaian Zulhas, terlihat Jokowi tersenyum di tempat duduk dan Luhut yang duduk di sampingnya juga bertepuk tangan.

Seperti diketahui, situasi internal Kadin Indonesia sempat bergejolak setelah. Hal ini bermula saat Munaslub Kadin 2024 memutuskan Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum periode 2024-2029.

Sementara, Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026 Arsjad Rasjid sempat menyampaikan bahwa pihaknya tidak terima dan tidak mengakui penyelenggaraan Munaslub. 

Beberapa waktu kemudian, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mempertemukan Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie di tengah kisruh kepemimpinan Kadin Indonesia. Pertemuan tersebut digelar di rumah dinas menteri, Jumat (27/9/2024).

Tampak dalam sebuah video Bahlil merangkul Arsjad dan Anindya sekaligus menyebut bahwa keduanya sudah saling meminta maaf di tengah perebutan kursi Ketua Umum Kadin. 

"Hari ini saya bertemu dua sahabat saya, Pak Arsjad dan Pak Anin, dan dua duanya sudah insyaf, untuk menjalankan organisasi dengan baik," ucap Bahlil, Jumat (27/9/2024).

Topik Menarik