Gajah Sumatera Tewas di Taman Nasional Way Kambas

Gajah Sumatera Tewas di Taman Nasional Way Kambas

Berita Utama | inews | Selasa, 8 Oktober 2024 - 01:45
share

LAMPUNG TIMUR, iNews.id - Seekor gajah Sumatera ditemukan tewas di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur, pada Minggu (6/10/2024).

Gajah liar ini ditemukan oleh petugas TNWK dalam keadaan terbujur mati dengan posisi tubuh menyamping ke kiri.

Menurut Humas Taman Nasional Way Kambas, Sukatmoko, tim dokter yang melakukan pemeriksaan tidak menemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh gajah tersebut. 

"Saat ini, tim dokter masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kematian gajah tersebut, termasuk pengambilan sampel kulit, tulang, dan organ bagian dalam untuk pemeriksaan nekropsi dan autopsi," kata Sukatmoko.

Kematian gajah ini menambah daftar panjang kematian gajah di kawasan TNWK. Sebelumnya, pada 24 Desember 2023, seekor gajah jantan bernama Dugul ditemukan mati di rawa dekat pusat latihan gajah (PLG) Way Kambas, dan pada 29 Agustus 2024, seekor gajah betina bernama Bunga juga ditemukan mati di kawasan hutan yang sama.

Kematian gajah liar ini menjadi perhatian serius bagi pihak pengelola TNWK dan masyarakat sekitar, mengingat pentingnya konservasi satwa langka seperti gajah Sumatera.

Topik Menarik