Jokowi Mulai Kemasi Barang Pribadi dari Istana: Buku, Foto, hingga Koleksi Batik

Jokowi Mulai Kemasi Barang Pribadi dari Istana: Buku, Foto, hingga Koleksi Batik

Berita Utama | inews | Selasa, 8 Oktober 2024 - 16:24
share

JAKARTA, iNews.id – Masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera berakhir. Jokowi mulai mengemasi barang-barang pribadinya dari Istana Kepresidenan.

"Sudah mulai packing, sudah packing," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Barang-barang pribadi yang dikemasi Presiden Jokowi termasuk berbagai benda bersejarah dan pribadi, seperti foto-foto, buku-buku, hingga pakaian. 

Salah satu yang menarik perhatian adalah koleksi batik Presiden yang dikenal elegan dan khas di berbagai acara kenegaraan.

"Banyak barang yang dikemasi, ada foto, buku, dan pakaian. Ya, macam-macam lah," ujar Pratikno. Bahkan, ia sempat bercanda bahwa dirinya ingin meminta salah satu koleksi batik Jokowi.

"Saya aja minta sama presiden itu koleksi batik beliau yang bagus-bagus. Saya lihat di setiap acara, batiknya Pak Presiden itu kan relatif sering ganti ya, saya juga berminat," kata Pratikno sambil tertawa. Namun, hingga kini permintaan tersebut belum dikabulkan oleh Jokowi.

Jokowi menyebut nantinya akan kembali ke kampung halamannya di Solo setelah menyerahkan jabatannya.

"Namanya kan pindah, ya pasti ke Solo," ujarnya singkat.

Dalam beberapa minggu ke depan, Jokowi akan menghadiri pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang dijadwalkan berlangsung di DPR pada 20 Oktober 2024. Pratikno memastikan bahwa Jokowi akan hadir dalam momen penting tersebut, meski tidak ada kewajiban kenegaraan untuk melakukannya.

"Pak Presiden sejak awal sudah mengatakan akan datang di pelantikan," kata Pratikno.

Topik Menarik