Persebaya Puncaki Klasemen Liga 1 2024-2025, Apa Rahasia Paul Munster Bangunkan Raksasa Tidur?

Persebaya Puncaki Klasemen Liga 1 2024-2025, Apa Rahasia Paul Munster Bangunkan Raksasa Tidur?

Olahraga | inews | Selasa, 8 Oktober 2024 - 11:02
share

SURABAYA, iNews.id - Persebaya Surabaya berubah tampil meyakinkan dengan memuncaki klasemen sementara Liga 1 2024-2025. Apa rahasia Pelatih Paul Munster membangunkan raksasa yang sudah tertidur lama?

Sejatinya, Persebaya adalah salah satu klub elite di Tanah Air. Namun, beberapa musim terakhir klub berjuluk Bajul Ijo itu seperti kesulitan bersaing di papan atas Liga 1. 

Namun, semua berbeda di awal musim ini. Hingga pekan ketujuh, klub kebanggaan masyarakat Surabaya itu berhasil duduk di puncak klasemen sementara dengan torehan 17 poin dari hasil 7 laga tanpa kekalahan.

Hasil ini cukup mengejutkan, mengingat selama pramusim Persebaya menuai hasil kurang memuaskan. Perlahan tapi pasti kehadiran Paul Munster di pertengahan musim lalu usai sempat terseok-seok mengubah wajah Persebaya di awal musim ini. 

Catatan pertandingan pun begitu meyakinkan, Bajul Ijo mencatatkan cleansheet atau tidak kebobolan di lima laga. Kemenangan yang diraih pun diraih tak hanya di kandang, tapi di laga tandang.

Pelatih Persebaya Surabaya Paul Munster menyatakan, ada beberapa hal yang dilakukannya mengubah performa Persebaya. Salah satu yang diubahnya yakni dari sisi fisik dan mental para pemain, yang dinilai ada peningkatan signifikan.

"Saya mengubah mental dan fisik di pemain yang saya boyong sesuai pilihannya baik pemain asing dan lokal. (Soal pendekatan ke pemain) Saya tidak bisa mengatakannya, tetapi mereka memperhatikan situasi tersebut. Itulah alasannya mereka membawaku kemari," ujar Paul Munster.

Pelatih asal Irlandia Utara ini mengaku sejauh ini puas dengan performa anak asuhnya. Tapi dia tak ingin berpuas diri dan meminta anak asuhnya terus membumi, dan mengevaluasi diri.

"Jadi secara bertahap tim melakukan yang terbaik. Tapi terlalu cepat, ini masih Oktober, sama dengan mentalitas, kita telah melakukan hal terbaik," kata pelatih berusia 42 tahun ini.

"Kita telah menang beberapa pertandingan. Kami paham Indonesia, Liga 1 pertandingan tim papan bawah dengan tim papan atas begitu sulit, tapi kami fokus pada tim ini," ujarnya.

Terkini, Persebaya bermain 0-0 kontra Dewa United pada 27 September lalu.

Bajul Ijo memperoleh 17 poin, hasil dari lima kali menang dan dua kali imbang, tanpa terkalahkan sama sekali di tujuh laga terakhirnya. Persebaya berselisih dua poin darı peringkat kedua ya

ng diisi oleh Borneo FC.

Topik Menarik