Mengungkap Makna Mimpi dari Perspektif Psikologi melalui Buku Misteri Mimpi Karya Evelyn Deciana

Mengungkap Makna Mimpi dari Perspektif Psikologi melalui Buku Misteri Mimpi Karya Evelyn Deciana

Gaya Hidup | inews | Sabtu, 28 September 2024 - 22:40
share

JAKARTA, iNews.id - Mimpi sering kali dianggap sebagai bunga tidur yang kadang tak berarti dan diabaikan. Banyak orang merasa ragu mendalami arti mimpi mereka lantaran dianggap sebagai hal yang tabu dan tak masuk akal.

Padahal, menganalisis mimpi merupakan langkah tepat dan bisa mengarah pada psikologi seseorang. Mimpi bisa menjadi tanda bagaimana seseorang menghadapi trauma ataupun emosi-emosi yang tak terluapkan.

Hal ini dibahas dalam buku Misteri Mimpi: Perspektif Psikologi dan Budaya karya penulis Evelyn Deciana. Buku ini bisa menjadi angin segar bagi masyarakat untuk memahami mimpi yang bisa berkaitan dengan kondisi psikologi mereka.

"Kalau misalnya kita datang ke psikolog atau psikiater dan bercerita, kadang itu bingung mau ngomong apa. Dari menceritakan mimpi, itu bisa lari kemana-mana. Mimpi itu merupakan simbol. Karena sebenarnya mimpi itu adalah pesan dari bawah sadar dan atas sadar,” kata Evelyn di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2024).

Dalam buku ini, Evelyn mengupas tentang jenis dan makna dari mimpi-mimpi yang mungkin kerap dirasakan banyak orang. Mimpi yang selama ini dianggap sebagai bunga tidur ternyata memiliki maksud lebih bahkan bisa mengarah pada trauma seseorang.

Dengan mendalami hal tersebut, masalah emosional atau bahkan trauma bisa dengan mudah ditemukan sehingga bisa mencari solusi yang tepat. Adapun langkah-langkah yang dijelaskan di buku ini mengenai bagaimana mengenal simbol dan makna dari mimpi yang dialami.

“Saya menuliskannya berdasarkan psikologi dan budaya. Saya sebutin langkah-langkahnya, seperti apa intepretasi simbolnya. Dan simbolnya akan dikembalikan lagi ke masing-masing individu sesuai dengan budaya dan agama mereka,” tuturnya.

Evelyn mengatakan hadirnya buku Misteri Mimpi ini bertujuan agar masyarakat bisa lebih menyadari akan pentingnya memahami arti di balik mimpi mereka. Terlebih bila mimpi tersebut sudah terjadi berulang-ulang.

Dia menegaskan, mimpi merupakan pesan dari bawah sadar dan atas sadar yang perlu dipahami maknanya sehingga bisa mengupas dan memulihkan trauma-trauma yang ada. "Tujuannya supaya kita gak menganggap enteng mimpi. Biasanya mimpi itu cuma dibilang bunga tidur. Kalau mimpi sudah berulang-ulang, walaupun jenisnya beda tetapi temanya sama, berarti itu sudah mengejar bawah sadar kita,” tuturnya.

Topik Menarik