Bebas dari Penyanderaan OPM, Pilot Susi Air Tiba di Halim Perdanakusuma Malam Ini 

Bebas dari Penyanderaan OPM, Pilot Susi Air Tiba di Halim Perdanakusuma Malam Ini 

Terkini | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 16:31
share

JAYAPURA, iNews.id- Pilot Susi Air yang sempat disandera oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berhasil dibebaskan pada Sabtu (21/9/2024). Pilot asal Selandia Baru itu tiba dengan selamat di Kabupaten Mimika, Papua Pegunungan.

Pembebasan ini merupakan hasil dari operasi gabungan yang dilakukan oleh tim gabungan TNI-Polri dan Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 setelah melalui proses negosiasi panjang.

Pilot bernama Philip Mark Mehrtens itu dijemput oleh tim gabungan TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. 

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno mengatakan, setelah menjalani pemeriksaan medis, Philip kemudian diterbangkan ke Jakarta menuju Bandara Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara (AU).

"Diperkirakan untuk penerbangan nanti akan transit di Makassar terlebih dahulu untuk mengisi bahan bakar kemudian melanjutkan penerbangan menuju Jakarta. Diperkirakan tiba di Jakarta pukul 20.00 WIB dan akan mendarat di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur," ujar Kombes Bayu Suseno dalam keterangannya, Sabtu (21/9/2024). 

Dia menyampaikan, tim yang mendampingi keberangkatan pilot Philip, di antaranya Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Tim Satgas Nanggala, Polda Papua, Kogabwilhan III serta pilot Afis yang merupakan rekan dari pilot Philip.

"Mohon doa dari seluruh masyarakat agar penerbangan tersebut berlangsung lancar dan selamat hingga pilot Philip Mark Mehrtens dan rombongan tiba di Jakarta," ucapnya.

Topik Menarik