Kronologi Pembebasan Pilot Susi Air dari KKB OPM, Dijemput Satgas Damai Cartenz di Nduga

Kronologi Pembebasan Pilot Susi Air dari KKB OPM, Dijemput Satgas Damai Cartenz di Nduga

Terkini | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 12:52
share

TIMIKA, iNews.id - Satgas Damai Cartenz 2024 berhasil membebaskan Pilot Susi Air Philip Mark Marthens dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM). Dia telah disandera selama 1,5 tahun lebih tepatnya 19 bulan oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Pol Bayu Suseno menjelaskan, kronologi pembebasan berawal saat aparat gabungan TNI-Polri dengan menggunakan helikopter terbang ke Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Sabtu (21/9/2024) pagi. Selanjutnya petugas kembali membawa pilot Susi Air dari Nduga menuju Timika.

"Kami langsung bawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil," ujarnya, Sabtu (21/9/2024).

Menurutnya setelah mitigasi akan dilanjutkan dengan konferensi pers di Mako Brimob Batalyon B Timika yang akan disampaikan para pejabat.

Sementara Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Faizal Ramadhani menambahkan, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Indonesia untuk membebaskan Pilot Philip.

Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 pun selama ini mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach dalam pembebasan Pilot Philip.

"Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri," katanya.

Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh tersebut, akhirnya membuahkan hasil. Pada hari ini Sabtu (21/09/2024) Pilot Philip pun berhasil dijemput oleh tim gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Topik Menarik