Haru! Momen Pilot Susi Air Menangis Bahagia saat Video Call dengan Istri

Haru! Momen Pilot Susi Air Menangis Bahagia saat Video Call dengan Istri

Terkini | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 13:23
share

MIMIKA, iNews.id - Ada momen haru terekam video saat Pilot Susi Air Philip Mark Marthens berkomunikasi dengan dengan keluarganya lewat video call. Dia terlihat menyeka air mata bahagia saat berbincang dengan istrinya lewat telepone.

Momen ini terjadi di salah satu ruangan Mako Brimob Batalyon B Timika. Terlihat Kapten Philip memegang HP dengan tangan kanan saat video call, sedangan tangan kirinya terus bergerak mengusah wajah dan di bawah mata.

Sementara petugas di sampingnya terlihat ikut bahagia melihat momen Kapten Philip menangis saat berbicara dengan istri lewat sambungan telepon. Dia menepuk-nepuk punggung pilot asal Selandia Baru dan memberinya semangat.

Kondisi Kapten Philip yang bebas setelah disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023 tampak sehat namun sedikit lebih kurus. Perawakannya juga tampak lebih tua dengan kumi dan jenggot panjang.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Pol dr Bayu Suseno mengatakan, secara umum kondisi pilot sehat namun sempat meminta obat maag. Dia juga mengaku bahagia bisa bebas dari KKB.

"Tadi saya sudah berbincang dengan pilot. Dia mengaku bahagia dan kini bisa bernapas lega bebas dari KKB," ujar Bayu, Sabtu (21/9/2024).

Menurutnya kondisi kesehatan dan psikologis pilot akan diperiksa sebagai upaya mitigasi. Setelah ini polisi akan menggelar konferensi pers terkait proses pembebasan.

Diketahui, pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens disandera OPM pimpinan Egianus Kogoya di belantara hutan Papua. Penyanderaan ini terjadi saat dia mempiloti pesawat Susi Air nomor penerbangan SI 9368 yang mendarat di Landasan Terbang Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan 7 Februari 2023. Pesawatnya dibakar dan sejak saat itu dia disandera KKB di belantaran hutan Papua.

Topik Menarik