Bebas dari KKB OPM, Pilot Susi Air Akan Langsung Diterbangkan ke Jakarta

Bebas dari KKB OPM, Pilot Susi Air Akan Langsung Diterbangkan ke Jakarta

Terkini | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 14:18
share

JAKARTA, iNews.id - Pilot Susi Air Philip Mark Marthens yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM) telah berhasil dibebaskan, Sabtu (21/9/2024). Selanjutnya, pilot asal Selandia Baru ini akan diterbangkan ke Jakarta.

Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani mengatakan, Kapten Philip saat ini masih berada di Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Satgas Damai Cartenz akan membawanya ke Jakarta lewat Halim Perdanakusuma.

"Iya, iya betul. Iya sedang persiapan (ke Jakarta)," ujar Faizal saat dihubungi iNews, Sabtu (21/9/2024)

Menurutnya, penerbangan akan dilakukan Sabtu hari ini. Kapten Philip nantinya akan diserahkan kepada teman-teman angkatan udara untuk proses pemberangkatan. 

" Iya betul (hari ini). Sampai ke Halim Itu nanti teman-teman angkatan udara yang tahu," katanya.

Sebelumnya, Faizal mengatakan selama ini aparat TNI-Polri mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach dalam upaya pembebasan pilot Susi Air.

"Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri," kata Faizal.

Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh tersebut akhirnya membuahkan hasil. Pilot Philip berhasil dijemput tim gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024 di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B Timika.

Topik Menarik