Pilot Susi Air Dibebaskan KKB OPM setelah 1,5 Tahun Disandera

Pilot Susi Air Dibebaskan KKB OPM setelah 1,5 Tahun Disandera

Terkini | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 10:53
share

JAKARTA, iNews.id - Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens dibebaskan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM) setelah 1,5 tahun lebih disandera. Pilot asal Selandia Baru tersebut dijemput tim gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024, Sabtu (21/9/2024).

Selama ini, pilot tersebut disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya di belantara hutan Papua.

Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Faizal Ramadhani sebelumnya mengatakan, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 selama ini mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach.

“Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisasi jatuhnya korban jiwa, baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri,” ujar Faizal.

Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh, akhirnya membuahkan upaya pembebasan membuahkan hasil pada Sabtu (21/09/2024) hari ini.

Diketahui, pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens disandera OPM pimpinan Egianus Kogoya di belantara hutan Papua. Penyanderaan ini dimulai saat Kapten Philip Mark Mehrtens mempiloti pesawat Susi Air nomor penerbangan SI 9368 yang mendarat di Landasan Terbang Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023).

Pesawat komersial ini membawa enam orang terdiri atas lima penumpang dan seorang pilot. OPM menyerang dan membakar pesawat tersebut. Aparat yang datang ke lokasi tak menemukan keberadaan pilot hingga dilakukan pencarian melibatkan masyarakat setempat.

Belakangan diketahui dalam video yang beredar pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens disandera OPM. Pilot tersebut disebut menjadi jaminan negosiasi politik.

Topik Menarik