20 Contoh Ucapan Syukur dalam Pidato, Singkat dan Mudah Dihafalkan 

20 Contoh Ucapan Syukur dalam Pidato, Singkat dan Mudah Dihafalkan 

Terkini | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 22:59
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh ucapan syukur dalam pidato berikut ini bisa jadi referensi. Bagian ini jadi salah satu hal yang penting dalam sebuah teks pidato. 

Ucapan syukur merupakan sebuah ungkapan rasa terima kasih yang ditujukan kepada berbagai pihak atas terselenggaranya suatu acara. Seperti Tuhan yang Maha Esa, panitia pelaksana, guru, orang tua, teman, dan lain-lain. 

Agar ucapan syukur tersampaikan dengan baik dan benar kepada tamu undangan, ada baiknya bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia. 

Nah, bagi kamu yang belum menemukan inspirasi mengenai contoh ucapan syukur dalam pidato, tak ada salahnya untuk menyimak ulasan berikut ini dilansir dari berbagai sumber, Jumat (20/9/2024). 

Contoh Ucapan Syukur dalam Pidato

1. Contoh 1

Puji dan syukur terucap kepada Allah SWT yang sudah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya, sehingga kita bisa berkumpul dalam acara pada pagi hari ini dalam kondisi sehat tanpa suatu halangan apapun.

Tidak lupa, shalawat serta salam senantiasa kita sampaikan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, yang selalu umat muslim nantikan syafaatnya hingga kelak di yaumil akhir. Semoga kita termasuk ke dalam hamba yang akan memperoleh syafaat beliau di akhirat kelak.

2. Contoh 2

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menjadi suri tauladan bagi kita. 

Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT karena telah memberikan kesempatan kepada saya untuk lulus dari universitas ini dengan predikat cum laude. Saya juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua saya yang selalu mendoakan dan mendidik saya dengan sabar dan ikhlas. Mereka adalah motivasi terbesar saya dalam menuntut ilmu.

3. Contoh 3

Ini adalah momen yang sangat berarti bagi saya. Saya tidak menyangka bahwa karya saya dapat mendapatkan pengakuan dan apresiasi sebesar ini. Saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih atas karunia-Nya yang luar biasa. 

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada keluarga saya yang selalu menjadi inspirasi dan motivasi saya dalam berkarya. Dan tentu saja kepada para juri, panitia, sponsor, media, dan semua pihak yang telah mendukung acara ini.

4. Contoh 4

Bersama-sama mari memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas berkat serta karunia-Nya kita bisa hadir dan berkumpul pada pagi cerah ini dalam keadaan sehat walafiat tanpa halangan suatu apapun.

Semoga dalam acara ini, kita semua memperoleh rahmat serta ampunan Allah. Dan semoga hingga akhir acara ini, semuanya senantiasa diberikan keamanan serta keselamatan dari Tuhan Yang Maha Esa.

5. Contoh 5

Sebelum memulai pidato pada acara kali ini, alangkah baiknya bila bersama-sama mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan. Karena bila bukan atas berkat dan rahmat-Nya, acara hari ini tidak bisa terlaksana dengan baik.

6. Contoh 6

Pertama-tama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puji serta syukur ke hadlirat Allah Swt, atas berkat rahmat dan karunianya kita bisa bersama-sama hadir di tempat yang mulia ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Shalawat beserta salam semoga terlimpah curahkan kepada junjungan kita, Habibana Wanabiyyana Muhammad Saw tak lupa kepada keluarganya kepada tabi"it  tabiinnya dan mudah-mudahan kepada kita selaku umatnya.

7. Contoh 7

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, was sholatu wassalamu ‘ala, asyrofil ambiyaa iwal mursalin, wa a’laa alihi wa sahbihi ajmain amma ba’du. Pertama-tama, marilah kita semua panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT., yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita. Berkat rida-Nya kita dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat untuk melaksanakan (nama acara).

8. Contoh 8

Dengan rasa hormat dan bangga, saya mengucapkan selamat datang kepada semua hadirin yang berkenan hadir dalam acara ini. Saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Agung, yang telah memberikan kita anugerah berupa akal dan pikiran yang sehat. 

Saya juga sangat bersyukur kepada keluarga, guru, teman, dan semua orang yang telah memberikan dukungan dan motivasi kepada saya.

9. Contoh 9

Sebelum saya menyampaikan pokok-pokok pikiran saya, izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat berupa kemerdekaan dan kedaulatan kepada bangsa kita. Kemerdekaan dan kedaulatan ini adalah hasil perjuangan para pahlawan dan pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi tanah air.

10. Contoh 10

Saya merasa sangat bangga dan bersyukur dapat membuka acara ini. Ini adalah acara yang sangat penting dan bersejarah bagi kita semua. Saya ingin mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Mulia atas izin dan pertolongan-Nya sehingga acara ini dapat terlaksana dengan lancar. 

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi dalam persiapan dan pelaksanaan acara ini.

11. Contoh 11

Mari bersama mengucapkan rasa syukur kepada Allah karena kita semua masih diberikan kesehatan sekaligus kesempatan untuk berkumpul pada acara hari ini.

Dari sekian banyak hamba-Nya, Bapak dan Ibu sekalianlah yang terpilih untuk dapat menghadiri acara ini.

Semoga kita selalu memperoleh karunia dari Allah di manapun berada. Termasuk ketika keluar dari acara dan tempat ini, harapannya semoga kita semua tetap disertai kebaikan serta petunjuk dari Allah.

12. Contoh 12

Marilah bersama-sama menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan semesta alam yang selalu memberikan nikmat dan karunia-Nya sehingga kita bisa berkumpul dalam ruangan ini dalam kondisi sehat.

Salawat beserta salam tidak lupa kita haturkan kepada Rasulullah, Nabi Muhammad SAW, selaku junjungan umat muslim, para sahabat dan keluarganya. Yang senantiasa umat muslim nanti-nantikan syafaatnya kelak di hari akhir.

13. Contoh 13

Sebelum memulai acara, mari bersama-sama memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, yang sudah memberikan kesehatan serta kekuatan sehingga kita dapat berkumpul dalam acara peringatan Hari Kemerdekaan ini.

14. Contoh 14

Mari bersama-sama mengucapkan syukur kehadirat Tuhan yang sudah melimpahkan rahmat-Nya. Atas ridha-Nya kita bisa berkumpul pada siang hari ini dalam keadaan sehat walafiat tanpa kurang suatu apapun.

15. Contoh 15

Pada pagi yang cerah hari ini, mari bersama-sama memanjatkan puji syukur kepada Allah. Karena atas anugerah dan berkat-Nya, kita dapat berkumpul bersama pada acara kali ini tanpa suatu halangan apapun.

16. Contoh 16

Alhamdulillah, rasa syukur hendaknya kita ucapkan bersama-sama kepada Tuhan karena pada hari ini kita diberikan kesempatan untuk hadir dan berkumpul. Semoga semua yang hadir pada acara kali ini memperoleh karunia Allah.

Salawat dan salam tidak terlupa kita junjung tinggi kepada Rasulullah, Nabi yang selalu umat muslim nantikan syafaatnya kelak di hari akhir. Semoga semua yang hadir memperoleh syafaat serta petunjuknya hingga masa itu tiba.

17. Contoh 17

Sebelum melangkah ke inti acara, pertama-tama marilah bersama-sama mengucapkan puji syukur kepada Allah yang sudah memperkenankan kita semua berkumpul bersama pada acara kali ini.

Kedua, salawat dan juga salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada junjungan umat muslim, yaitu Nabi Muhammad SAW beserta keluarga sekaligus sahabatnya. Semoga syafaat beliau kita semua dapatkan di hari akhir kelak.

18. Contoh 18

Tanpa henti marilah bersama-sama mengucapkan puji syukur kehadirat Allah. Karena atas limpahan nikmat-Nya, kita masih diberikan kesempatan dan kemampuan untuk hadir dalam acara yang mulai ini.

19. Contoh 19

Mari bersama-sama bersyukur kehadirat Allah dengan mengucapkan hamdalah, Alhamdulillah. Mari kita bersalawat kepada Rasulullah yang sudah Allah utus untuk mengantarkan kita dari zaman kebodohan menuju terang benderang di muka bumi ini.

Rasanya begitu bahagia kita dapat berkumpul bersama di tempat dan acara yang insyaallah Allah ridhai ini. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan untuk menghadiri setiap acara yang diselenggarakan.

20. Contoh 20 

Pada acara yang mulia ini, mari kita bersama-sama mengucapkan rasa syukur kepada Allah karena sudah memberikan kita semua yang hadir ini kebahagiaan serta nikmat sehingga dapat berkumpul bersama dalam kondisi sehat.

Demikian ulasan mengenai contoh ucapan syukur dalam pidato. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik