7 Contoh Pidato Persuasif tentang Narkoba, Singkat dan Mudah Dihafalkan 

7 Contoh Pidato Persuasif tentang Narkoba, Singkat dan Mudah Dihafalkan 

Terkini | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 22:44
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh pidato persuasif tentang narkoba berikut ini bisa jadi referensi. Jenis pidato satu ini bisa ditemukan di berbagai acara formal, salah satunya kampanye bahaya narkoba. 

Mengutip Amalia dkk (2022), buku Teknik Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) dan Negosiasi, pidato persuasif merupakan suatu pidato yang disampaikan dengan tujuan untuk memengaruhi pikiran pendengar melalui pengondisian, penguatan, atau pengubahan tanggapan pendengar terhadap gagasan, isu, konsep atau produk. 

Pada teks persuasif ini biasanya menggunakan kata-kata ajakan, seperti ayo, marilah, dan sebagainya. Diharapkan dengan kata tersebut bisa membangkitkan emosi dan pendengar pun menyetujui apa yang kita sampaikan. 

Lantas, seperti apa bentuk teks pidatonya? Berikut iNews.id akan berikan informasi mengenai contoh pidato persuasif tentang narkoba dilansir dari berbagai sumber, Kamis (19/9/2024). 

Contoh Pidato Persuasif tentang Narkoba

1.Contoh Pidato Persuasif tentang Narkoba dalam Perspektif Hukum

Assalamualaikum wr. wb.

Selamat siang hadirin semua. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Di hari ini saya ingin menyampaikan sepatah kata mengenai narkoba dan hukum yang mengaturnya.

Seperti yang kita ketahui, narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Di Indonesia narkoba adalah hal yang dilarang dan telah diatur di UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Dalam aturan tersebut tertulis bahwa semua orang yang tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai, dan menyediakan narkoba akan dikenakan hukum pidana.

Sayangnya, para pengedar narkoba kini menjadi semakin cerdik dan memanfaatkan orang lain di luar sindikat mereka untuk mengantar narkoba tanpa sepengetahuan kurir tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, jangan pernah mau mengirim sesuatu tanpa mengetahui apa yang dititip atau diserahkan pada kita. Bila menemui orang mencurigakan, segera melapor ke polisi.

Mari sama-sama jaga generasi kita dari bahaya narkoba. Sekian dari saya, tetap waspada dan selamat siang.

2. Contoh Pidato Persuasif tentang Narkoba dan Dampak Kesehatan

Selamat pagi teman-teman dan hadirin sekalian, pagi ini saya ingin menyampaikan bahaya narkoba bagi remaja.

Teman-teman tahukah kamu apa bahaya narkoba yang sedang mengintai generasi kita, terutama remaja? Usia remaja merupakan usia yang rentan karena keingintahuannya yang tinggi, sehingga sering kali dimanfaatkan oleh pengedar narkoba untuk mengonsumsi narkoba.

Mereka membujuk remaja untuk mengonsumsi narkoba dengan alasan akan terlihat keren jika menggunakan narkoba. Namun, narkoba justru hanya membawa pengaruh buruk pada remaja, seperti merusak organ tubuh, membuat kehilangan kemampuan berpikir, dan konsentrasi terganggu.

Karena banyak sekali pengaruh buruk dari narkoba, alangkah baiknya jika kita menjauhi obat-obatan terlarang dan mengisi waktu luang kita dengan hal-hal yang bermanfaat.

Sekian yang bisa saya sampaikan. Semoga kita semua terhindar dari bahaya narkoba yang mengintai.

3. Contoh Pidato Persuasif tentang Narkoba soal Pencegahan

Selamat siang hadirin semua, terima kasih sudah memberikan waktu pada saya untuk menyampaikan pidato tentang bahaya narkoba.

Hingga saat ini, jumlah pengguna narkoba di Indonesia menjadi semakin meningkat, hal tersebut terjadi karena lemahnya penegakkan hukum di Indonesia. Para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan besar dari berjualan narkoba.

Penyalahgunaan narkoba tentu dapat memberikan dampak negatif pada pengguna, seperti perubahan perilaku, gangguan kesehatan, dan menurunnya produktivitas. Cara untuk mencegah hal tersebut adalah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan sosial dan tidak bergaul dengan pengguna narkoba lainnya.

Program lain yang dapat mencegah penyebaran narkoba adalah dengan mewaspadai tamu yang tak dikenal, melakukan razia dadakan, dan mengenali siswa-siswa yang mengonsumsi narkoba. Namun, program-program tersebut tidak akan sepenuhnya menghilangkan peredaran narkoba di sekolah.

Oleh karena itu, marilah kita hindari dan ikut berpartisipasi dalam memberantas pencegahan narkotika agar pengguna narkoba di sekolah semakin berkurang.

Demikian pidato tentang narkoba yang dapat saya sampaikan. Apabila ada kesalahan dalam bertutur kata saya meminta maaf. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

4. Contoh Pidato Persuasif tentang Narkoba dan Dampak Buruknya

Assalamualaikum wr. wb..

Yang terhormat Bapak dan Ibu Guru serta teman-temanku sekalian yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur pada kehadirat Allah SWT dan bersalawat kepada Nabi Muhammad.
Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan sebuah pidato singkat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.

Narkoba adalah zat narkotika yang membuat penggunanya menjadi ketergantungan terhadap obat-obatan tersebut. Menggunakan narkoba bisa merusak fisik, organ tubuh, dan menyebabkan kehancuran mental seseorang.

Di kalangan pelajar penyalahgunaan narkoba dapat merubah sikap, menurunkan kedisiplinan, dan mengganggu proses belajar sehingga bisa merugikan diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, kita sebagai pendidik harus mendukung gerakan anti-narkoba dengan membuat poster bahaya narkoba, sosialisasi narkoba, dan kegiatan lainnya.

Selain itu, penting untuk memberikan pendidikan moral dan agama pada siswa. Ini karena salah satu alasan murid menggunakan narkoba adalah kurangnya pendidikan moral dan agama.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan. Terima kasih atas perhatiannya.

5. Contoh Pidato Singkat tentang Kewaspadaan Terhadap Narkoba

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat siang, para hadirin. Semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Hari ini saya ingin menyampaikan beberapa patah kata tentang narkoba dan undang-undang yang mengaturnya. Seperti yang Anda ketahui, narkoba dipahami sebagai narkoba, psikotropika, dan obat-obatan terlarang. Di Indonesia, narkoba dilarang dan diatur oleh Undang-Undang Narkotika No. 35 Tahun 2009.

Oleh karena itu, setiap orang yang secara melawan hukum atau melawan hukum membuat, menyimpan, memakai, menguasai, dan mengedarkan narkotika dikenai hukum pidana.

Sayangnya, pengedar narkoba semakin pintar dan menggunakan orang-orang di luar sindikat mereka untuk mengantarkan narkoba tanpa sepengetahuan kurir.

Untuk menghindari hal tersebut, jangan pernah mau mengirimkan apapun tanpa mengetahui apa yang telah dipercayakan atau diberikan kepada kita. Jika melihat orang yang mencurigakan, segera laporkan ke polisi.

Mari lindungi generasi kita dari bahaya narkoba. Sekian dari saya, Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

6. Contoh Pidato Singkat tentang Narkoba di Kalangan Remaja

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di sini. Pada hari ini, saya akan menyampaikan ceramah tentang markoba.

Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum di negeri ini sehingga para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia untuk memperoleh keuntungan yang besar.

Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya, antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas, dan tindak kekerasan lainnya.

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program, di antaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Sekolah juga perlu memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi, dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah.

Program lain yang cukup penting adalah program waspada narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, dan melakukan razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolah telah paham betul program-program di sekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai di sekolah, mereka tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa.

Sepintar apa pun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi, maka akan terkuak juga.

Untuk itu, marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba. Demikianlah ceramah yang dapat saya sampaikan. Apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

6. Contoh Pidato Singkat Tema Anti Narkoba

Hadirin, izinkan saya menyampaikan pidato mengenai pencegahan narkoba.

Narkoba merupakan zat atau obat yang bersifat adiktif, menimbulkan efek penurunan kesadaran dan efek negatif lainnya. Di Indonesia, landasan hukum mengenai penyalahgunaan narkoba diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Ini seharusnya menjadi alasan kuat kita untuk menjauhkan diri dari narkoba, khususnya untuk para generasi muda. Selain memiliki efek negatif pada tubuh, penggunaan dan pengedaran narkoba merupakan bentuk pelanggaran terhadap hukum yang berlaku di negeri ini, dan sudah termasuk ke dalam tindak pidana. Maka dari itu, narkoba disebut sebagai hal yang merusak generasi bangsa.

Isu ini merupakan permasalahan serius yang harus kita hadapi bersama-sama. Pencegahan yang bisa dilakukan ialah kita perlu memastikan bahwa para generasi muda telah menyadari penuh efek negatif dari narkoba dan menjauhinya. 

Hal ini bisa dilakukan dengan mengadakan sosialisasi mengenai bahaya narkoba, baik sosialisasi yang diadakan Lembaga Swadaya Masyarakat, institusi-institusi pendidikan, kepolisian, bahkan dari dalam keluarga anda.

Pemberian pemahaman ini juga seharusnya diselaraskan dengan pemberian contoh yang baik, dari sisi lingkungan di mana anak itu tumbuh, dari sisi orang tua dan pendidik, semuanya harus menerapkan gaya hidup yang positif sehingga anak dapat lebih mudah mencontoh untuk mengimplementasikannya.

Perlu diketahui, seseorang yang telah mencoba narkoba, pasti akan ketagihan. Efek negatif ketergantungan terhadap narkoba dapat menghancurkan hidup seseorang. Maka jauhilah narkoba, demi bangsa kita, dan generasi ke depannya.

7. Contoh Pidato tentang Bahaya Narkoba

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, puji syukur marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak kenikmatan pada kita semua.

Teman-teman yang saya sayangi, pada kesempatan ini izinkan saya menyampaikan pidato singkat tentang bahaya narkoba. Laporan dari KPAI sangat mengerikan, negeri kita ada 87 juta lebih anak Indonesia, namun 5,7 juta di antaranya lebih memilih menjadi pecandu narkoba.

Teman-teman, kita harus bergerak dan melakukan perubahan agar masa depan bangsa dan generasi penerus kita aman dari bahaya narkoba dan penyebarannya. Orang tua dan orang dewasa harus sadar mulai sekarang untuk memberikan penyadaran dan pengawasan kepada anak-anak di sekitarnya.

Teman-teman, apa sebenarnya yang menyebabkan penyebaran narkoba ini semakin meningkat setiap tahunnya. Kita mengetahui bahwa aturan sekarang ini sudah kuat akan penyebaran narkoba, yang lemah adalah penegakannya. 

Kita melihat di televisi dan berita, banyak penegak hukum seperti polisi yang menjadi pecandu, bahkan penyebar narkoba. Hal ini menjadi jalan bagi para bandar narkoba masuk ke Indonesia dan menyebarkan ke anak-anak.

Narkoba adalah zat aditif yang menyebabkan kecanduan sehingga membuat penggunannya terjebak dalam lingkaran setan. Bahkan pecandu narkoba ada yang tidak sadar dirinya telah menjadi pecandu. Kalian pernah mendengar penyebaran narkoba yang dimasukkan dalam permen dan sejenisnya. Itulah kejahatan yang sangat keji.

Teman-teman, anak-anak yang mengonsumsi permen tersebut tidak sadar bahwa dia mengonsumsi narkoba dan kemudian hari akan menjadi pecandu. Ini harus dihentikan. Negara dan masyarakat harus bergerak cepat dan tangkas dalam menanggulangi penyebaran narkoba ini, khususnya di kalangan pelajar sekolah dan kampus.

Hal ini perlu dilakukan pengawasan dan penyuluhan di daerah-daerah di lingkungan sekolah dan kampus tentang bahaya narkoba yang dapat meracuni tubuh dan bahkan menyebabkan kematian. Kita harus memberikan kepada siswa dan mahasiswa tentang aturan yang akan menjerat bagi pengedar dan pengguna narkoba. 

Informasi hukuman yang berat serta dampak negatif dari narkoba. Siswa dan mahasiswa harus sadar sepenuhnya bahwa narkoba tidak memiliki dampak positif dan keuntungan sedikitpun.

Selain penyuluhan, kita dapat mengadakan berbagai acara dan perlombaan seperti lomba pembuatan artikel dan poster tentang narkoba, dan lain sebagainya. Cara-cara tersebut diharapkan memberi manfaat yang baik untuk siswa/

Demikian pidato tentang bahaya narkoba untuk remaja Indonesia yang dapat kami sampaikan. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah ulasan mengenai contoh pidato persuasif tentang narkoba. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik