RK Puji Posko Makan Gratis di Warakas, Bisa Jadi Sampel Program Swadaya Masyarakat

RK Puji Posko Makan Gratis di Warakas, Bisa Jadi Sampel Program Swadaya Masyarakat

Terkini | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 15:00
share

JAKARTA, iNews.id - Warga Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara menyambut kedatangan Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) di Posko Makan Gratis yang bertempat di RW 03, Kelurahan Warakas, pada Jumat (20/9/2024). Mereka meneriakan yel-yel dan bergantian mengajak RK foto bersama. 

Di tempat itu, calon gubernur yang berpasangan dengan Suswono tersebut duduk sambil berbincang dengan warga sekitar. 

RK menyampaikan bahwa Posko Makan Gratis di Warakas merupakan program yang digerakkan oleh masyarakat secara swadaya. Dia memuji program tersebut lantaran bisa berjalan dengan baik, meski dilakukan secara swadaya. 

Karena itu, jika mendapat kepercayaan untuk memimpin Jakarta, dia ingin program tersebut bisa diorganisir oleh gubernur dan perangkatnya. Harapannya program yang sudah baik itu terselenggara dengan lebih rapi dan optimal. 

”Program ini banyak dikerjakan oleh pihak-pihak pribadi. Nanti tugas gubernur mengorganisasikan juga pribadi-pribadi yang ingin melakukan (program) ini. (Posko Makan Gratis di Warakas) ini hanya sampling saja, kalau ini bisa kenapa wilayah lain tidak bisa,” kata RK saat diwawancarai oleh awak media di lokasi.

Dengan kewenangan dari gubernur, lanjut RK, program yang tadinya dijalankan secara swadaya bisa mendapat tambahan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jakarta. Tidak berhenti sampai di situ, program tersebut juga sangat mungkin diselaraskan dengan program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat. 

Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 itu percaya diri mampu memaksimalkan program tersebut lantaran sampelnya ada dan sudah berjalan.,

”Memang belum sampai ke teknis. Semua ini urusannya baru level gagasan. Bedanya, gagasan dari pasangan RIDO (Ridwan Kamil-Suswono) sudah dikerjakan. Kalau ditanya teknis, banyak teknisnya. Tapi, insya Allah solusinya ada,” kata pria yang juga akrab dipanggil Kang Emil tersebut.

Tidak hanya berkunjung dan melihat secara langsung Posko Makan Gratis di Warakas, Ridwan Kamil juga sempat berdialog dengan warga. Dia mendengarkan berbagai masukan, saran, dan curhat dari warga setempat. Semua itu ditampung oleh politisi Partai Golkar tersebut. 

Tujuannya untuk memastikan setiap aspirasi yang disampaikan dan dititipkan oleh masyarakat kepada pasangan RIDO bisa menjadi sumber inspirasi untuk menghadirkan solusi untuk mengatasi persoalan di Jakarta.

Topik Menarik