Kisah Tukang Cilok asal Jember Viral Naik Haji Pakai Motor, Pulang dari Tanah Suci Disambut Arak-Arakan

Kisah Tukang Cilok asal Jember Viral Naik Haji Pakai Motor, Pulang dari Tanah Suci Disambut Arak-Arakan

Terkini | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 08:04
share

JEMBER, iNews.id – Tukang cilok asal Kabupaten Jember, Damanhuri tuntas mewujudkan niatnya menunaikan ibadah haji menggunakan sepeda motor butut. Kepulangan Damanhuri dari Tanah Suci Makkah itu sontak disambut keluarga dan warga dengan penuh suka cita.

Penyambutan Damanhuri pun tergolong meriah. Dalam video yang beredar, pria yang sehari-hari berjualan cilok ini disambut dengan arak-arakan sepeda motor oleh warga Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember.

Tetangga dan keluarga kompak menggunakan sepeda motor mengantar Damanhuri hingga sampai ke rumahnya.

Damanhuri menuturkan, niat beribadah haji menggunakan sepeda motor kini telah tercapai meski banyak hambatan dan rintangan.

Awalnya, Damanhuri bertekad naik motor hingga ke Makkah. Namun setiba di Jakarta, dia memilih naik kapal laut menuju Pakistan hingga Oman.“Setelah tiba di Oman, saya naik travel ke Makkah,” ucapnya, Rabu (3/7/2024).

Meski dengan cara backpacker, Damanhuri mampu melaksanakan ibadah haji. Pun demikian, saat pulang ke Tanah Air, Damanhuri menggunakan travel ke Oman yang dilanjutkan dengan kapal menuju Jakarta. “Dari Jakarta pulang ke Jember pakai sepeda motor,” tuturnya.

Damanhuri mengaku kerap menangis karena kerap tersesat lantaran tidak paham jalan. Namun berkat pertolongan relawan dan polisi, dia kemudian diarahkan ke jalan yang benar.

Istri Damanhuri, Siti Murfainah mengaku bersyukur karena suaminya sudah melaksanakan ibadah haji. “Alhamdulillah, senang rasanya karena hajat suami telah kesampaian naik haji,” ucapnya.

Keluarga Damanhuri, Yusron mengaku senang pamannya bias mewujudkan mimpinya menunaikan rukun Islam kelima meski dihadapkan berbagai rintangan.

Sebelumnya, aksi Damanhuri naik haji menggunakan sepeda motor viral di media sosial. Kepergiannya pun diantar para warga yang mengiringinya dan viral di media sosial. Bahkan ada juga nyala petasan saat Daman Huri meninggalkan kampung halaman untuk pergi ke Makkah. 

Video viral ini direkam anak dari Damanhuri dan diunggah akun Instagram @andreli_48. Dalam keterangannya disebutkan 'pergi haji naik sepeda motor'. 

Selain para warga, netizen pun turut mendoakan yang menjadi harapan bagi penjual cilok tersebut dapat tercapai. Namun tak sedikit yang meragukan karena perjalanannya panjang dan sulit apalagi lewat darat.

Topik Menarik