Harapan Ukraina kepada Prabowo: Mampu Ciptakan Perdamaian Global

Harapan Ukraina kepada Prabowo: Mampu Ciptakan Perdamaian Global

Terkini | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 08:28
share

JAKARTA, iNews.id - Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin mengungkapkan harapannya kepada Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto. Prabowo diharap dapat menciptakan perdamaian global.

"Harapan kami, seperti pada umumnya mengenai Ukraina, dan mengenai dunia, isu-isu global. Sangat sederhana, (Prabowo ciptakan) perdamaian, keadilan, pembangunan bersama, kemakmuran. Kemakmuran bersama, semuanya tentang itu," kata Dubes Vasyl, dikutip Rabu (3/7/2024).

Menurutnya, Prabowo seorang politikus yang berpengalaman dan sangat bijaksana. Dia berharap Prabowo dapat membantu Ukraina mencapai perdamaian.

"Saya rasa Prabowo adalah seorang politisi yang sangat berpengalaman dan sangat bijaksana, dan dia tahu apa yang harus dilakukan," katanya.

Dia menilai, pada prinsipnya semua negara ingin hidup damai dan makmur.

"Itu saja. Itu secara umum harapan kami untuk urusan global," ujar Vasyl.

Sebelumnya diberitakan, Vasyl menyebut Rusia tidak mempunyai niat untuk berdamai dengan Ukraina. Meskipun Summit on Peace in Ukraine digelar pada beberapa waktu lalu, Rusia tidak menginginkan perdamaian.

"Sepertinya tidak ada niat baik bagi Rusia untuk berdamai. Selama beberapa tahun terakhir, dan terutama selama dua setengah tahun terakhir, bahwa mereka tidak menginginkan perdamaian," kata Vasyl.

Menurut Vasyl, Rusia juga tidak berkomitmen dalam KTT G20 di Bali. Usai pertemuan tersebut, Rusia justru meluncurkan lebih 100 rudal dan salah satunya mengenai infrastruktur di Ukraina.

Topik Menarik