Perdana Menteri Inggris Keir Starmer Disebut Pendukung Kuat NATO

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer Disebut Pendukung Kuat NATO

Terkini | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 21:11
share

BRUSSELS, iNews.id - Naiknya Keir Starmer ke tampuk kekuasaan di Inggris menuai tanggapan dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari Organisasi Pakta Atlantik Utara (NATO). 

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg mengatakan, Starmer adalah pendukung kuat aliansi militer itu. Dia pun berharap dapat berbincang dengan perdana menteri baru Inggris itu pada KTT NATO di Washington DC, AS, pada 9-11 Juli ini.

"Saya mengucapkan selamat kepada Keir Starmer atas kemenangannya di pemilu, saya menantikan untuk menyambutnya dan bertemu dengannya di KTT NATO di Washington minggu depan," kata Stoltenberg pada konferensi pers markas NATO di Brussels, Belgia, Jumat (5/7/2024). 

"Saya juga pernah bertemu Keir Starmer di sini, di markas NATO dan saya tahu bahwa dia adalah pendukung kuat NATO... dan juga berkomitmen untuk memastikan bahwa Inggris terus menjadi sekutu NATO yang kuat dan punya komitmen, kuat pula," ujarnya. 

Sebelumnya pada hari ini, Pemimpin Partai Buruh Inggris Keir Starmer secara resmi menjadi perdana menteri ke-58 di negara itu. Dia menjadi kepala pemerintahan di London setelah partainya meraih kemenangan telak dalam pemilihan umum, menumbangkan Partai Konservatif yang telah berkuasa selama 14 tahun.

Topik Menarik