Korban Tewas Festival Hindu 116 Orang, Begini Tragedi Bermula

Korban Tewas Festival Hindu 116 Orang, Begini Tragedi Bermula

Terkini | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 07:43
share

NEW DELHI, iNews.id - Korban tewas dalam festival Hindu yang berlangsung ricuh di Negara Bagian Uttar Pradesh, India, pada Selasa (2/7/2024), terus bertambah. Kini, jumlahnya mencapai 116 orang.

NDTV melansir, para korban terinjak-injak saat menghadiri sebuah pertemuan keagamaan di Kota Hathras, Uttar Pradesh, kemarin. Sebelumnya pada hari yang sama, surat kabar Hindustan Times melaporkan bahwa insiden tersebut menyebabkan sedikitnya 107 orang tewas. Sebagian besar adalah perempuan.

"Di antara korban tewas juga terdapat sedikitnya tiga anak," ungkap stasiun televisi NDTV dalam laporannya, dengan mengutip pihak berwenang Uttar Pradesh, Selasa malam.

Menurut hasil penyelidikan awal Kepolisian Uttar Pradesh, para peserta festival mulanya mendengarkan ceramah dari seorang pendeta Hindu di tenda yang didirikan di lapangan. Namun lokasi acara tak cukup menampung banyaknya massa yang datang.

Desak-desakan di antara kerumunan massa terjadi setelah sang pendeta mengakhiri pertemuan doa--yang dikenal sebagai Satsang--itu dan semua orang mulai meninggalkan lokasi. Tidak adanya pengaturan terhadap jemaat membuat mereka berebutan keluar hingga menimbulkan kericuhan.

Menteri Kepala Uttar Pradesh, Yogi Adityanath, menyampaikan belasungkawa dan memerintahkan penyelidikan atas insiden tersebut. Sementara Perdana Menteri Narendra Modi saat berbicara di parlemen juga mengungkapkan rasa simpatinya kepada keluarga yang berduka dan para korban luka.

Topik Menarik