Ekspor Produk Perikanan ID Food Capai 573 Ton, Jangkau 11 Negara

Ekspor Produk Perikanan ID Food Capai 573 Ton, Jangkau 11 Negara

Ekonomi | inews | Senin, 1 Juli 2024 - 22:03
share

JAKARTA, iNews.id - Holding BUMN Pangan atau ID Food mencatat volume ekspor produk perikanan mencapai 97 persen atau setara 573 ton. Raihan ini terealisasi sepanjang 2023. 

VP Sekretaris Perusahaan ID Food, Yosdian Adi Pramono menuturkan, ekspor produk perikanan berupa tuna dan gurita. Di mana, holding melalui PT Perikanan Indonesia (Perindo) menyuplai ke enam negara tujuan dengan menggandeng sepuluh buyers.

“Tuna dan gurita menjadi dua komoditas unggulan PT Perikanan Indonesia yang telah diekspor ke sejumlah negara,” ujar Yosdian dalam keterangannya, Senin (1/7/2024). 

Hingga kini, ekspor produk perikanan dan kelautan telah menjangkau pangsa pasar di 11 negara, yaitu Amerika Serikat (AS), Jepang, Thailand, Filipina, China, Vietnam, Singapura, Korea Selatan, Malaysia, Australia, dan Sri Lanka.

Sementara, komoditas yang sudah diekspor antara lain Gurita, Tuna, Cakalang, Ikan kembung, Ikan Kaca Piring, Fillet Cuttlefish, Layang, dan Marlin,” katanya.

Sedangkan, untuk aktivitas penangkapan, Perikanan Indonesia fokus di tujuh komoditas utama perikanan. Di antaranya Tongkol, Cakalang, Tuna, Layang, Kembung, Tenggiri, dan Cephalopod (gurita, cumi dan sotong).

“Holding BUMN Pangan memang mengelola lini bisnis pertanian dan agroindustri, peternakan dan perikanan, serta perdagangan dan logistik,” ucapnya.

Perikanan menjadi salah satu lini bisnis prioritas yang akan diperkuat ID Food lantaran mendorong pertumbuhan sektor kelautan dan perikanan nasional sebagai sektor unggulan penyumbang devisa negara. ID Food melalui Perikanan Indonesia pun sudah menyiapkan rencana strategis pengembangan bisnis perikanan tersebut. 

“Salah satunya peningkatan ekspor komoditas perikanan ber-value added, peningkatan customer, dan pembukaan pasar ekspor baru,” katanya.

Topik Menarik