Kolaborasi Sosial, Kemensos RI bersama PT Indofood Beri Dukungan Kewirausahaan

Kolaborasi Sosial, Kemensos RI bersama PT Indofood Beri Dukungan Kewirausahaan

Ekonomi | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 19:52
share

TASIKMALAYA, iNews.id - Humas Poltekesos Bandung Kementerian Sosial Republik Indonesia, melalui Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung menggelar Kolaborasi Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi pada Pengabdian Masyarakat di wilayah Tasikmalaya.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Kemensos RI, Pemkot Tasikmalaya, Pemkab Tasikmalaya, dan PT Indofood yang berlangsung di Kantor Pemerintah Kota Tasikmalaya, Rabu (3/7/2024).

Turut dihadiri oleh Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, Direktur Lansia Kemensos RI Supomo, Kepala Biro Humas Sutomo, Kepala Sentra Terpadu Pangudi Luhur (STPL) Bekasi Kemensos RI Alex Triyono, Plh. Pj. Wali Kota Tasikmalaya Asep Sukmana, Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya Wawan Gunawan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya Opan Sopian, General Manager PT Indofood Udin Chen, serta Direktur Poltekesos Suharma.

Hadir pula Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Kepala Cabang Bank BNI, Kepala Cabang Bank BRI, Kepala Cabang Bank BJB, dan Ketua PHRI Tasikmalaya.

Selain itu, dihadiri juga oleh 30 anak dari LKSA Artanita Al-Khaeriyah, 20 anak dari LKSA Taman Harapan, 20 anak dari LKSA Shubhanul Wathon, 30 anak dari  Rumah Yatim, 23 anak dari RPA Harapan Bunda, 26 orang dari LKSA Amanah, 1 orang penyandang disabilitas, pendamping PKH, TKSK, TAGANA, mahasiswa Poltekesos serta berbagai tamu undangan lainnya.

Poltekesos Bandung sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Kemensos RI memiliki tugas tidak hanya terbatas pada penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidang kesejahteraan sosial, tapi juga berkontribusi dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Hal tersebut dilakukan salah satunya melalui program kewirausahaan dan pemberdayaan masyarakat yang langsung dirasakan oleh masyarakat luas. Sebagai wujud nyata dari kontribusi tersebut dengan menggelar kolaborasi penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi pada pengabdian masyarakat di wilayah Tasikmalaya ini.

Acara pengabdian masyarakat ini dimulai dengan pemberian pelatihan kepada 50 peserta yang merupakan Keluarga Penerima Manfaat PKH Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. Mereka mendapatkan pelatihan kreasi sajian mie, variasi jenis usaha, serta pengenalan produk oleh Tim Indofood.

Selanjutnya, dilakukan acara seremonial penyerahan bantuan usaha berupa gerobak warung makan Indomie atau warmindo dan sembako kepada 50 KPM PKH di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. 

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini, didampingi Plh. Pj Wali Kota Tasikmalaya, Direktur Poltekesos Bandung, Kepala Dinas Sosial Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, dan General Manager PT Indofood. 

Pemilihan peserta penerimaan bantuan disalurkan sesuai dengan kriteria data yang telah ditentukan. Sebanyak 50 KPM PKH penerima bantuan yang sudah siap graduasi dan berharap bantuan ini bermanfaat bagi keluarga penerima manfaat. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pelayanan kesejahteraan sosial yang baik bagi warga, khususnya yang berada di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

Bantuan yang disalurkan oleh Kemensos RI dan PT Indofood berupa gerobak warmindo, diharapkan dapat memperkuat basis ekonomi keluarga dalam menunjang usahanya.

Saat bertemu langsung dengan para KPM PKH, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini memberikan semangat dengan menyampaikan bahwa bantuan ini sebagai upaya mendorong daya juang dan daya tahan keluarga untuk memanfaatkan kemampuan usaha, sehingga mereka bisa keluar dari ketergantungan menerima bantuan dan mandiri.

"Saya ingin menyampaikan mari kita kerja keras untuk merubah nasib kita menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain, Ayo Semangat," tutur Risma dalam mengakhiri pesannya. 

Setelah itu, Menteri Sosial beserta rombongan meninjau tenda UMKM PENA Berdikari dan PKH Graduasi di Tasikmalaya. 

Dalam acara ini juga Kepala STPL Bekasi Kemensos RI menyerahkan bantuan pemenuhan hidup layak berupa sembako dan nutrisi.

Topik Menarik