5 Berita Populer: Penjelasan Kepsek SMAN 8 Medan soal Siswi Tidak Naik Kelas hingga Georgia ke 16 Besar Euro 2024

5 Berita Populer: Penjelasan Kepsek SMAN 8 Medan soal Siswi Tidak Naik Kelas hingga Georgia ke 16 Besar Euro 2024

Terkini | inews | Jum'at, 28 Juni 2024 - 05:00
share

JAKARTA, iNews.id –  Penjelasan Kepala Sekolah SMAN 8 Medan terkait siswi tidak naik kelas menjadi berita populer, Kamis (27/6/2024). Menurut Rosmaida, MS dinyatakan tidak naik kelas melalui kesepakatan Dewan Guru. 

Selain itu, Rosmaida juga membantah adanya pungutan liar. Berita populer lainnya adalah Georgia ke 16 besar usai Kalahkan Portugal. 

Berikut rangkuman berita populer, Kamis (27/6/2024):

1. Penjelasan Kepala Sekolah SMAN 8 Medan soal Siswi Tidak Naik Kelas

Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Medan Rosmaida Purba mengatakan siswi MS yang tidak naik kelas lantaran faktor absensi. Siswi MS ini tercatat tidak masuk sekolah selama 52 hari sepanjang semester I dan semester II. 

Menurut Rosmaida, MS dinyatakan tidak naik kelas melalui kesepakatan Dewan Guru lantaran jumlah absensi yang melebihi batas ketentuan yang ada. Terkait orang tua siswi yang melaporkan dugaan korupsi serta pungutan liar kepala sekolah adalah pernyataan yang tidak benar. Rosmaida membantah serta menyayangkan sikap orang tua siswi MS yang menuduh SMA Negeri 8 Medan melakukan pungutan liar atau korupsi tanpa bukti yang jelas. 

Pada kasus ini, Dinas Pendidikan Sumatera Utara sudah meminta agar keputusan siswi tidak naik kelas ditinjau ulang, tetapi kepala sekolah tetap dengan keputusannya. 

2. Hasil Euro 2024: Kejutan! Georgia ke 16 besar usai Kalahkan Portugal

Timnas Georgia secara mengejutkan bisa menembus 16 besar Euro 2024 pada penampilan debutnya di turnamen besar setelah mengalahkan Portugal 2-0 pada matchday ketiga Grup F, Kamis (27/6/2024). 

Kemenangan Georgia adalah hasil terbesar untuk Georgia sejak negar ini memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1991. Kemenangan Georgia berarti Inggris akan berhadapan dengan Slovakia, Rumania berhadapan dengan Belanda, Portugal berhadapan Slovenia di babak 16 besar. Sementara Hungaria yang sempat bersaing memperebutkan 16 besar dipastikan tersingkir. 

3. Tajikistan Larang Hijab meski Berpenduduk 98 Persen Muslim, Pria Berjanggut Dicukur Paksa Polisi

Tajikistan resmi melarang penggunaan hijab meski 98 persen penduduknya Muslim. Sidang majelis tinggi parlemen sudah mengesahkan undang-undang kontroversial itu. Melansir media Tajikistan, Asia-Plus, sidang parlemen Tajikistan dipimpin oleh ketua, Rustam Emomali, pada 19 Juni 2024. 

Sidang menyetujui amandemen undang-undang yang melarang hijab, perayaan anak-anak pada dua hari besar Islam, yakni Idul Fitri dan dan Idul Adha. Undang-undang juga mengatur mengenai hari libur, tradisi, ritual, peran guru dan lembaga pendidikan dalam membesarkan anak hingga tanggung jawab sebagai orang tua. Selain itu, anggota parlemen juga menyetujui amandemen terhadap peraturan pelanggaran administrative yang mencakup denda untuk pelanggarnya. Selain melarang hijab, Tajikistan melarang janggut lebat secara tidak resmi. 

4. Polisi Tangkap Dian Permana Ketua Panitia Lentera Festival yang Diduga Gelapkan Uang Konser

Polisi berhasil menangkap Ketua Panitia Tangerang Lentera Festival 2024, Dian Permana atau MDPA (27), pelaku dugaan penggelapan dan penipuan tiket konser. Diketahui, konser berujung ricuh usai uang panitia dibawa kabur Dian. Dian ditangkap di wilayah Baduy, Kabupaten Lebak, Banten. 

Ia dibawa ke Polresta Tangerang untuk diperiksa lebih lanjut. Diketahui, pada Minggu (23/6/2024), sejumlah penonton membakar panggung konser di Lapangan Kebeng, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Penonton kecewa karena NDX dan Guyon tidak tampil lantaran pihak panitia belum melunasi pembayaran.

5. Jadwal Timnas Indonesia Vs Laos di Piala AFF U-16 2024

Jadwal Timnas Indonesia vs Laos di Piala AFF U-16 2024 ada pada artikel ini. Laga ini akan menjadi penentu siapa yang lolos otomatis ke semifinal. Laga berlangsung di Stadion Manahan Solo, Kamis (27/6/2024). 

Saat ini, kedua tim mengoleksi poin sama yaitu 6. Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto sudah menganalis kekuatan Laos melalui video. Selain itu, Nova mengaku akan menampilkan permainan terbaik pada laga nanti. Indonesia wajib menang apabila ingin lolos langsung ke semifinal Piala AFF U-16 2024.

Topik Menarik