Bos Intelijen Turki Bicara via Telepon dengan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, Ini yang Dibahas

Bos Intelijen Turki Bicara via Telepon dengan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, Ini yang Dibahas

Berita Utama | inews | Minggu, 30 Juni 2024 - 15:00
share

ISTANBUL, iNews.id – Direktur Organisasi Intelijen Nasional Turki, Ibrahim Kalin, berbicara via telepon dengan Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, Sabtu (29/6/2024). Percakapan itu berlangsung beberapa hari setelah Haniyeh kehilangan sanak familinya akibat dibantai Israel di Gaza.

Lembaga penyiaran Turki, TRT Haber melaporkan, topik yang dibahas Kalin dan Haniyeh antara lain mengenai langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai gencatan senjata permanen di Jalur Gaza. Keduanya juga membicarakan soal rencana pertukaran tawanan dan tahanan dengan Israel, serta pengiriman bantuan kemanusiaan ke wilayah kantong Palestina itu.

Kalin juga menyampaikan belasungkawa atas kematian warga Palestina dan saudara perempuan Haniyeh, khususnya akibat serangan Israel. Selain itu, Kalin menegaskan bahwa Turki akan terus mendukung rakyat Palestina.

Awal pekan ini, media Palestina melaporkan lebih dari 10 orang tewas akibat serangan Israel di rumah keluarga Haniyeh. Di antara korban jiwa akibat serangan militer zionis itu termasuk saudara perempuan Haniyeh dan beberapa orang yang bermarga Haniyeh.

Topik Menarik