Berlian Terbesar Kedua di Dunia Ditemukan di Botswana, Beratnya Capai 2.492 Karat!

Berlian Terbesar Kedua di Dunia Ditemukan di Botswana, Beratnya Capai 2.492 Karat!

Global | okezone | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 10:17
share

BOTSWANA - Berlian terbesar kedua yang pernah ditemukan dengan berat 2.492 karat telah digali di Botswana di sebuah tambang milik perusahaan Kanada Lucara Diamond. Berlian itu ditemukan di tambang Karowe, sekitar 500 km (300 mil) di utara ibu kota Botswana, Gaborone.

Ini adalah penemuan terbesar sejak berlian Cullinan seberat 3.106 karat, yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905. Belian Cullinan ini dipotong menjadi sembilan batu terpisah, banyak di antaranya terdapat di British Crown Jewels.

Pemerintah Botswana mengatakan itu adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan di negara bagian Afrika selatan itu.

Penemuan terbesar sebelumnya di Botswana adalah batu seberat 1.758 karat yang ditemukan di tambang yang sama pada tahun 2019.

Botswana adalah salah satu produsen berlian terbesar di dunia, yang menghasilkan sekitar 20 dari produksi global. Dalam sebuah pernyataan, Lucara mengatakan batu itu adalah salah satu berlian kasar terbesar yang pernah ditemukan.

"Kami sangat gembira dengan penemuan berlian 2.492 karat yang luar biasa ini," kata kepala Lucara, William Lamb.

Lamb mengatakan berlian itu dideteksi dengan menggunakan teknologi Mega Diamond Recovery X-ray milik Lucara.

Teknologi itu telah digunakan sejak 2017 untuk mengidentifikasi dan mengawetkan berlian bernilai tinggi agar tidak pecah selama proses penghancuran bijih.

 

Perusahaan itu tidak memberikan rincian tentang kualitas permata batu itu atau nilainya.

Namun, surat kabar Financial Times yang berbasis di Inggris melaporkan bahwa orang-orang yang dekat dengan Lucara, yang tidak disebutkan namanya, memperkirakan bahwa batu itu bisa bernilai lebih dari USD40 juta.

Batu 1.758 karat yang ditemukan pada tahun 2019 itu dibeli oleh merek fesyen Prancis Louis Vuitton dengan jumlah yang dirahasiakan.

Berlian seberat 1.109 karat, yang digali di tambang yang sama pada tahun 2016, dibeli seharga $53 juta oleh penjual perhiasan asal London Laurence Graff, ketua Graff Diamonds, pada tahun 2017.

Lucara diketahui memiliki 100 kepemilikan atas tambang di Karowe.

Kantor berita Reuters melaporkan bulan lalu, pemerintah Botswana telah mengusulkan undang-undang yang akan meminta perusahaan, setelah diberi lisensi untuk menambang, untuk menjual 24 saham kepada perusahaan lokal jika pemerintah tidak menggunakan opsinya untuk menjadi pemegang saham.

Topik Menarik