Ancam Keamanan Negara, Garda Revolusi Iran Tangkap 12 Orang karena Bekerja Sama dengan Israel

Ancam Keamanan Negara, Garda Revolusi Iran Tangkap 12 Orang karena Bekerja Sama dengan Israel

Global | okezone | Senin, 23 September 2024 - 10:03
share

DUBAI  - Garda Revolusi Iran mengatakan pada Minggu (22/9/2024) bahwa 12 orang telah ditangkap karena menjadi agen yang bekerja sama dengan Israel. Mereka juga dianggap terbukti merencanakan tindakan yang merugikan keamanan Iran.

"Karena rezim Zionis (Israel) dan pendukung Barat mereka, terutama Amerika Serikat, belum berhasil dalam tujuan jahat mereka terhadap rakyat Gaza dan Lebanon, mereka sekarang berusaha menyebarkan krisis ke Iran dengan serangkaian tindakan yang direncanakan untuk merugikan keamanan negara kita," kata pernyataan itu.

Ketegangan di Timur Tengah meningkat sejak ribuan pager dan walkie-talkie yang digunakan oleh anggota Hizbullah Lebanon meledak dalam serangan yang secara luas disalahkan pada Israel. Hizbullah dan Israel telah saling bertukar tembakan lintas batas terberat dalam konflik yang berlangsung bersamaan dengan perang Gaza yang berlangsung hampir setahun.

 

Garda Revolusi menambahkan bahwa anggota jaringan yang terdiri dari 12 operator itu ditangkap di enam provinsi berbeda di Iran, tetapi tidak menyebutkan kapan penangkapan itu dilakukan.

Pada akhir Juli lalu, pemimpin politik kelompok Islam Palestina Hamas, Ismail Haniyeh, tewas di Teheran dalam pembunuhan yang dituduhkan kepada Israel oleh otoritas Iran. Israel tidak mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan itu.

Topik Menarik