Doa Al Jabbar Lengkap dengan Keutamaan Mengamalkannya

Doa Al Jabbar Lengkap dengan Keutamaan Mengamalkannya

Gaya Hidup | inews | Rabu, 21 Agustus 2024 - 17:14
share

JAKARTA, iNews.id - Doa Al Jabbar adalah salah satu bacaan dzikir yang bisa diamalkan oleh umat Muslim di pagi dan sore hari.

Menurut buku Kumpulan Khotbah Jumat Terlengkap, karya Ustadz Arifin Idham (2020), Al Jabbar memiliki arti segala sesuatu bisa saja terjadi atas izin Allah Subhanahu Wata'ala.

Adapun, Al Jabbar sendiri merupakan salah satu dari 99 nama baik Allah atau Asmaul Husna yang berarti Yang Maha Kuasa. Setidaknya, ada dua doa yang mencerminkan perlindungan ilahi dan kekuatan pada bacaan dzikir Al-Jabbar ini.

Berikut iNews.id tampilkan doa Al Jabbar, Rabu (21/8/2024).

Doa Al Jabbar

1. Doa Pertama Al Jabbar

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

Arab: ()

Latin: Huw Allhu al-ladh l ilha ill huwa al-maliku al-quddsu as-salmu al-muminu al-muhayminu al-azzu al-jabbru al-mutakabbiru. Subna Allhi amm yusyrikna (23).

Artinya: Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, yang Maha Suci, yang Maha Sejahtera, yang Mengurniakan Keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha Perkasa, yang Maha Kuasa, yang memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. ( Al-Hasyr : 23 )

2. Doa Kedua Al Jabbar

Rasulullah Shalallahu Allaihi Wassalam bersabda:

Arab: . ( )

Latin: Taknu al-aru yawma al-qiymati khubzah widah yatakaffauhu al-jabbru biyadihi kam yakfau aadukum khubzatahu f al-safari nuzulan liahli al-jannah.

Artinya: Pada Hari Kiamat nanti, bumi ini bagaikan sebuah roti yang diperlakukan oleh Allah Al-Jabbar (Yang Maha Kuasa sesuka-Nya) sebagaimana salah seorang diantara kamu yang memperlakukan rotinya ketika sedang dalam safar (perjalanan), sebagai hidangan bagi Ahli surga. ( HR Bukhari dari Said Al-Khusriy).

Keutamaan Mengamalkan Doa Al Jabbar

Menurut Rizem Aizid (2017), dalam bukunya yang berjudul Melawan Stroke dan Penyakit Jantung: Keampuhan Dzikir Harian, setiap Muslim dapat menggantungkan harapan dan cita-cita kepada Allah yang memiliki sifat Al Jabbar dengan senantiasa berikhtiar dan berdoa.

Muslim dapat mengamalkan doa Al Jabbar ini sebanyak 23 kali, baik pagi dan sore. Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa melindungi umat Muslim yang mengamalkan bacaan dzikir ini dari hal-hal yang tak diinginkan.

Itulah ulasan mengenai doa Al Jabbar. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik