6 Kebiasaan Pagi yang Bikin Cepat Kurus, Salah Satunya Mandi Air Dingin

6 Kebiasaan Pagi yang Bikin Cepat Kurus, Salah Satunya Mandi Air Dingin

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 25 Juli 2024 - 07:00
share

Beberapa kebiasaan pagi bisa membantu cepat kurus . Menurunkan berat badan adalah tujuan umum bagi banyak orang, namun mencapainya bisa menjadi sebuah tantangan.

Menerapkan kebiasaan khusus di pagi hari dapat menentukan suasana hari itu dan secara signifikan meningkatkan upaya menurunkan berat badan . Seperti minum air hangat yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu proses pembakaran kalori lebih efisien.

Berikut beberapa kebiasaan di pagi hari yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan efisien dilansir dari Times of India, Kamis (25/7/2024).

6 Kebiasaan Pagi yang Bikin Cepat Kurus

1. Minum Air Lemon dan Madu Hangat

Minum segelas air lemon madu hangat di pagi hari bisa menjadi cara ampuh untuk memulai metabolisme. Ramuan sederhana ini membantu detoksifikasi tubuh, meningkatkan pencernaan, dan memberikan energi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition, polifenol lemon telah terbukti menekan penambahan berat badan dan penumpukan lemak pada tikus, sehingga menunjukkan potensi manfaatnya bagi manusia juga.

Menambahkan madu menawarkan rasa manis alami dan tambahan antioksidan. Sehingga menjadikan minuman ini nikmat sekaligus bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

2. Meditasi

Memulai hari dengan meditasi beberapa menit dapat berdampak signifikan pada upaya penurunan berat badan. Stres diketahui merupakan salah satu penyebab penambahan berat badan, sering kali menyebabkan pola makan emosional dan pilihan makanan yang buruk. Meditasi pagi membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan kejernihan mental, dan meningkatkan kesadaran.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Health Psychology Open menemukan bahwa meditasi mindfulness dapat secara efektif menurunkan stres dan mendorong kebiasaan makan yang lebih sehat.

3. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari alami di pagi hari dapat membantu mengatur ritme sirkadian, yang penting untuk pengelolaan berat badan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menunjukkan bahwa paparan cahaya pagi yang moderat dikaitkan dengan tingkat lemak tubuh yang lebih rendah, tidak tergantung pada aktivitas fisik, asupan kalori, atau pola tidur.

Sinar matahari membantu menyinkronkan jam internal, meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan metabolisme. Usahakan untuk mendapatkan sinar matahari setidaknya 10-15 menit setiap pagi untuk mendapatkan manfaat ini.

4. Olahraga

Berolahraga di pagi hari menawarkan banyak manfaat untuk menurunkan berat badan, termasuk pengendalian nafsu makan yang lebih baik dan meningkatkan sensitivitas insulin. Sebuah penelitian dalam International Journal of Obesity mengungkapkan bahwa individu yang berolahraga di pagi hari mengalami penurunan berat badan yang lebih signifikan dibandingkan dengan mereka yang berolahraga di sore hari.

Baik itu jalan cepat, yoga, atau sesi latihan interval intensitas tinggi (HIIT), menambahkan aktivitas fisik ke dalam rutinitas pagi dapat menghasilkan pengelolaan berat badan yang lebih efektif.

5. Konsumsi Sarapan Bergizi

Mengonsumsi sarapan yang bergizi dan seimbang penting untuk mempertahankan tingkat energi dan mengurangi nafsu makan sepanjang hari. Fokus pada makanan yang kaya protein, serat, dan lemak sehat untuk membuat Anda kenyang dan kenyang.

Menurut sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi sarapan berprotein tinggi dapat mengurangi rasa lapar dan mengurangi keinginan untuk ngemil tidak sehat di kemudian hari. Pilihan yang sangat baik termasuk telur, dadih, dan biji-bijian, yang semuanya dapat memberikan nutrisi yang diperlukan untuk memulai metabolisme dan mendukung menurunkan berat badan.

6. Mandi Air Dingin

Meskipun ini mungkin bukan kebiasaan yang paling menarik, mandi air dingin di pagi hari dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Mandi air dingin membantu merangsang lemak coklat, sejenis lemak yang membakar kalori untuk menghasilkan panas.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes menemukan bahwa paparan suhu dingin dapat meningkatkan aktivitas lemak coklat dan meningkatkan pembakaran kalori. Mandi air dingin dapat meningkatkan sirkulasi, mengurangi nyeri otot, dan meningkatkan suasana hati, menjadikannya tambahan yang bermanfaat untuk rutinitas pagi.

Topik Menarik