Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Diperingati Setiap Tanggal 29 Mei

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Diperingati Setiap Tanggal 29 Mei

Gaya Hidup | depok.inews.id | Kamis, 30 Mei 2024 - 11:10
share

DEPOK, iNewsDepok.id - Setiap tanggal 29 Mei diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN).

Peringatan ini adalah bentuk apresiasi Negara Indonesia berupa penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Melansir dari website Kemensos, Peringatan HLUN pada tahun 2024 yang akan dipusatkan di Kabupaten Aceh Utara memiliki nuansa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, dimana banyak kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat terutama Lanjut usia.

Salah satunya adalah pelayanan kesehatan seperti operasi katarak, donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis, serta penyaluran alat bantu seperti kursi roda, tongkat adaptif, kacamata, dan alat bantu dengar.

Pelayanan dalam pemenuhan hak sipil juga disediakan, seperti layanan perekaman door to door KTP elektronik dan kartu keluarga bagi lansia. 

Selain itu, Kemensos menfasilitasi isbat nikah dan pembuatan akta nikah lansia.

Kemensos juga membangun kembali rumah lansia yang tidak layak huni melalui program Rumah Sejahtera Terpadu (RST).

Dengan mengambil tema Lansia Terawat Indonesia Bermartabat, HLUN di Aceh Utara berkomitmen untuk memberikan penghidupan yang layak dan meningkatkan kesejahteraan lansia.

Sebagai informasi tambahan, Indonesia merupakan wilayah yang sangat rawan bencana, sehingga membawa pengaruh yang besar terhadap eksistensi lansia terutama kawasan-kawasan yang mengalami bencana seperti konflik, banjir, tanah longsor, gunung berapi, tsunami, gempa bumi dan kebakaran.

Hal ini semakin memperparah kondisi lansia, sehingga banyak lansia yang terdampak dengan situasi tersebut. 

Atas dasar hal itu, negara hadir bersama stakeholders dalam penanganan masalah diatas.

Topik Menarik