5 Obat Pilek yang Bisa Dibeli di Apotek Secara Bebas, Simak di Sini!

5 Obat Pilek yang Bisa Dibeli di Apotek Secara Bebas, Simak di Sini!

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 28 Februari 2023 - 19:11
share

5 Obat Pilek yang Bisa dibeli di Apotek Secara Bebas , akan dibahas singkat dalam artikel ini. Mengingat saat ini, cuaca sedang begitu sering hujan dengan intensitas sedang hingga deras.

Ya , pilek biasanya memang jadi salah satu efek pertama yang paling cepat muncul saat seseorang sering kehujanan, terpapar angin kencang atau udara dingin, seperti musim cuaca ekstrem saat ini.

Mengingat pilek atau flu yang disebabkan oleh virus ini sangat mudah menular dari satu orang ke orang lain. Oleh karena itu, pilek harus segera diobati agar tak berkelanjutan dan tidak menularkan ke orang lain di sekitar kita.

Dalam pengobatannya, terkadang hanya istirahat saja tidaklah cukup. Pada sebagian kasus, istirahat saat sakit pilek harus dikombinasikan dengan minum obat. Nah, apa saja obat pilek yang bisa dibeli di apotek dengan bebas? Merangkum Hellosehat yang sudah ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri, Tim Medis Klik Dokter, dan laman resmi GSI Lab , Selasa (28/2/2023) berikut penjelasan singkatnya di bawah ini.

1. Paracetamol: Salah satu obat generik yang paling gampang ditemui di apotek. Tak semerta-merta menyembuhkan memang, tapi disebut mampu membantu meringankan gejala penyerta flu. Misalnya mulai dari demam, sakit kepala, serta badan nyeri atau pegal-pegal. Nah, minum obat ini bisa bantu meredakannya.

Obat ini relatif aman untuk semua usia, termasuk anak-anak, orang dewasa, wanita hamil, serta ibu menyusui. Namun, kalau sedang minum obat lain, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dulu ya!

(5 Obat Pilek yang Bisa Dibeli di Apotek Secara Bebas, Foto: Shutterstock)

3. Obat antihistamin: Disebut jadi obat pilek yang ampuh, jika sakit flu yang dialami juga disertai dengan alergi. Antihistamin, contohnya Chlorpheniramine dan Brompheniramine ini bekerja untuk mengatasi gejala alergi karena flu seperti hidung meler, tenggorokan yang gatal, mata berair atau, bersin-bersin.

Selain Chlorpheniramine dan Brompheniramine, contoh antihistamin lainnya bisa minum fexofenadine, loratadine, dan cetrizine. Namun, karena sebagian antihistamin bisa berinteraksi dengan obat tertentu, ada baiknya tanyakan dulu ke dokter dokter sebelum konsumsi obat apotek ini, apabila Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, hati, dan asma.

(5 Obat Pilek yang Bisa Dibeli di Apotek Secara Bebas, Foto: Freepik)

3. Dekongestan: Berfungsi untuk meredakan hidung tersumbat karena pilek, dengan cara mempersempit pembuluh darah di hidung. Jaringan yang membengkak di dalam hidung akan menyusut, sehingga udara jadi dipermudah untuk masuk ke saluran pernapasan.

Obat dekongestan biasanya di apotek tersedia dalam bentuk tablet, sirup, atau hirup. Contoh obat dekongestan sendiri adalah pseudoephedrine, phenylephrine, oxymetazoline atau xylometazoline.

(5 Obat Pilek yang Bisa Dibeli di Apotek Secara Bebas, Foto: Hellomagz)

4. Procold Flu & Batuk: Salah satu obat klasik yang sudah lama beredar dan digunakan masyarakat Indonesia. Obat yang bentuknya kaplet ini, disebut mengandung dextromethorphan HBr, paracetamol, dan pseudoefedrin HCl yang efektif meredakan pilek dan batuk, sekaligus gejala penyerta flu lainnya. Mulai dari demam, pusing, dan hidung tersumbat.

(5 Obat Pilek yang Bisa Dibeli di Apotek Secara Bebas, Foto: Freepik)

5. Vicks Formula 44: Bukan hanya untuk pilek, tapi juga berfungsi untuk mengobati batuk. Obat influenza satu ini, mempunyai kandungan dextromethorphan HBr dan doxylamine succinate. Kandungan yang dikatakan bisa bekerja cepat redakan batuk tidak berdahak disertai bersin-bersin dan alergi karena pilek.

(5 Obat Pilek yang Bisa Dibeli di Apotek Secara Bebas, Foto: Pixabay

Topik Menarik