PON XXI Aceh -Sumut 2024 Selesai, Saatnya Atlit Berburu Oleh-oleh

PON XXI Aceh -Sumut 2024 Selesai, Saatnya Atlit Berburu Oleh-oleh

Berita Utama | portalaceh.inews.id | Minggu, 22 September 2024 - 16:55
share

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id-Dimana Pelaksanaan pekan olahraga nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera bukan hanya untuk ajang kompetisi tetapi juga menjadi ajang pusat berburu oleh - oleh pada Kamis 19 September 2024 kemarin.

Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Aceh.

Salah satu tempat pelaku usaha yang mendapatkan dampak mengalami lonjakan pengunjung terutama dari peserta PON yang mencari oleh-oleh khas Aceh.

Salah satu ketua cabor Woodball dari provinsi Jawa Barat, Kartono mengatakan banyak peserta PON memanfaatkan waktu luang mereka untuk berburu oleh-oleh.

"untuk membayar hasil dari pembelanjaan kami harus mengantri di kasir akibat ramainya pengunjung adapun kebanyakan dari mereka adalah peserta PON," sebutnya

Salah satu oleh-oleh yang di buru para peserta PON adalah Kopi khas Aceh yang mana rasa kopi nya sudah di kenal mendunia.

Selain kopi, makanan khas lokal juga menjadi target mereka salah satunya adalah sale pisang dan kue naga kacang juga banyak di incar oleh para pendatang dari berbagai daerah.

Yang paling utama di cari adalah produk kerajinan tangan, seperti tas dan kain tradisional Aceh, juga banyak menarik perhatian dengan songkok khas Aceh menjadi barang favorit di kalangan kaum pria.

Kehadiran para atlet dan official dari seluruh Indonesia memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal khususnya di Aceh khususnya bagi UMKM.

Kartono Mengatakan betapa pentingnya momen seperti ini bagi pelaku usaha lokal.

Ia berharap tren ini terus berlanjut hingga PON berakhir, ini adalah menjadi titik kebangkitan ekonomi setelah pandemi.

PON di Aceh juga berfungsi sebagai sarana prasarana untuk promosi Seni Adat Budaya dan produk Lokal, yang dapat menunjukan potensi Aceh sebagai destinasi wisata belanja yang menjanjikan.

 

Para pelaku usaha UMKM berharap agar event-event nasional dapat terus digelar di Aceh untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif.

Topik Menarik