Waduh, Gerbong Kereta Cepat Jepang Shinkansen Terlepas saat Melaju

Waduh, Gerbong Kereta Cepat Jepang Shinkansen Terlepas saat Melaju

Berita Utama | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 16:05
share

TOKYO, iNews.id - Kereta cepat Jepang shinkansen mengalami insiden pada Kamis (19/9/2024) dini hari. Satu set kereta terdiri atas beberapa gerbong terlepas saat melaju. 

Kereta shinkansen yang mengalami insiden tersebut terdiri atas dua set yang digabung menjadi satu. Sambungan yang terlepas berada di penghubung antara set tersebut. Dua set kereta disatukan di Stasiun Morioka, kemudian terlepas dalam perjalanan menuju Tokyo.

Masinis pun melakukan langkah darurat dengan menghentikan kereta setelah mengetahui ada gerbong yang terlepas. Insiden itu terjadi antara Stasiun Furukawa dan Sendai di Prefektur Miyagi.

Operator shinkansen, East Japan Railway (JR East), menyatakan ini merupakan kejadian pertama dua kereta yang terhubung terlepas saat beroperasi. 

Pihaknya masih menyelidiki penyebab terputusnya sambungan. Tak ada korban dalam insiden ini karena penghubung yang terputus berada di ujung masing-masing kereta.

Menurut JR East, kereta yang mengalami insiden adalah Hayabusa-Komachi No 6. Hayabusa terdiri atas 10 gerbong sementara Komachi 7 gerbong. Saat itu kereta Hayabusa membawa sekitar 200 penumpang dan Komichi 120 orang.

Kereta tidak tergelincir dan sistem pendingin udara beroperasi normal. Kopler yang menghubungkan dua kereta telah diprogram yang memungkinkannya terlepas saat kecepatan kereta melambat hingga kecepatan 5 km/jam atau kurang.

Akibat insiden ini, layanan kereta cepat Tohoku Shinkansen antara Stasiun Tokyo dan Shin-Aomori dihentikan selama 5 jam untuk kedua arah. Layanan beroperasi kembali sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

Topik Menarik