Kerusuhan Terburuk dalam 13 Tahun Terakhir, Masjid Diserang dan Umat Islam di Inggris Waspada

Kerusuhan Terburuk dalam 13 Tahun Terakhir, Masjid Diserang dan Umat Islam di Inggris Waspada

Berita Utama | sindonews | Minggu, 4 Agustus 2024 - 23:50
share

Pihak berwenang Inggris menghadapi tekanan yang semakin besar pada hari Minggu (4/8/2024) untuk mengakhiri kerusuhan terburuk di Inggris dalam 13 tahun setelah kerusuhan yang terkait dengan pembunuhan anak-anak dan melibatkan agitator kerusuhan yang meluas di seluruh negeri.

Kerusuhan terkait dengan misinformasi tentang penusukan massal yang menewaskan tiga gadis muda minggu lalu menyebar ke beberapa kota pada hari Sabtu ketika demonstran anti-imigrasi bentrok dengan polisi.

Kekerasan tersebut menjadi ujian berat bagi Perdana Menteri Keir Starmer, yang baru terpilih sebulan lalu setelah memimpin Partai Buruh meraih kemenangan telak atas Partai Konservatif.

Sekitar 90 orang ditangkap setelah bentrokan terjadi di demonstrasi sayap kanan di sejumlah tempat, termasuk Liverpool, Manchester, Bristol, Blackpool, dan Hull, serta Belfast di Irlandia Utara.

Dalam beberapa kejadian, perusuh melemparkan batu bata, botol, dan suar ke arah polisi - melukai beberapa petugas - menjarah dan membakar toko-toko, sementara demonstran meneriakkan cercaan anti-Islam saat mereka bentrok dengan demonstran tandingan.

Kekerasan tersebut merupakan yang terburuk yang pernah terjadi di Inggris sejak musim panas 2011, ketika kerusuhan meluas terjadi menyusul pembunuhan seorang pria ras campuran oleh polisi di London utara.

"Kami telah mengalami kerusuhan dan bentrokan semacam ini, tetapi kerusuhan tersebut terjadi di beberapa wilayah tertentu di negara ini. Sekarang kerusuhan tersebut melanda kota-kota besar dan kecil," kata Tiffany Lynch dari Federasi Kepolisian Inggris dan Wales, dilansir CNA.

Pemerintah mengatakan bahwa polisi memiliki "semua sumber daya yang mereka butuhkan" untuk menangani kekacauan tersebut sementara petugas memperingatkan akan adanya lebih banyak demonstrasi pada hari Minggu, yang menimbulkan kekhawatiran bahwa kerusuhan tersebut dapat menyebar lebih jauh lagi.

Kepolisian telah mengerahkan petugas tambahan sementara menteri kehakiman Shabana Mahmood bersikeras bahwa "seluruh sistem peradilan siap untuk menjatuhkan hukuman secepat mungkin".

Menteri kepolisian pemerintah, Diana Johnson, mengatakan kepada BBC News Sunday bahwa kerusuhan tersebut "tidak akan ditoleransi", dan bersumpah untuk memberikan "sanksi dan konsekuensi" atas kekacauan tersebut.

Bentrokan pada hari Sabtu menandai hari keempat kerusuhan di beberapa kota setelah serangan pisau yang heboh pada hari Senin di Southport, dekat Liverpool di pantai barat laut Inggris.

Protes tersebut dipicu oleh rumor palsu di media sosial tentang latar belakang tersangka kelahiran Inggris berusia 17 tahun Axel Rudakubana, yang didakwa dengan beberapa tuduhan pembunuhan dan percobaan pembunuhan atas serangan di pesta dansa bertema Taylor Swift.

Baca Juga: Elon Musk: Perang Saudara Akan Melanda Inggris

Rudakubana dituduh membunuh Bebe King, enam tahun, Elsie Dot Stancombe, tujuh tahun, dan Alice Dasilva Aguiar, sembilan tahun, serta melukai 10 orang lainnya.

Polisi menyalahkan kekerasan tersebut pada pendukung dan organisasi terkait Liga Pertahanan Inggris, organisasi anti-Islam yang didirikan 15 tahun lalu yang pendukungnya dikaitkan dengan hooliganisme sepak bola.

Agitator telah menargetkan masjid di Southport dan di kota Sunderland di timur laut Inggris, yang menyebabkan ratusan pusat Islam meningkatkan keamanan di tengah kekhawatiran akan keselamatan jamaahnya.

Unjuk rasa tersebut telah diiklankan di saluran media sosial sayap kanan dengan slogan "Cukup sudah".

Terlihat para pengunjuk rasa melambaikan bendera Inggris dan Inggris sambil meneriakkan slogan-slogan seperti "Hentikan kapal-kapal" – yang merujuk pada migran ilegal yang bepergian ke Inggris dari Prancis.

Para demonstran anti-fasis mengadakan unjuk rasa tandingan di banyak kota, termasuk Leeds, di mana mereka meneriakkan, "Sampah Nazi menyingkir dari jalan-jalan kami", sementara para demonstran sayap kanan meneriakkan, "kalian bukan orang Inggris lagi".

Tidak semua dari sekitar 30 pertemuan pada hari Sabtu berubah menjadi kekerasan dan beberapa peserta mengaku memiliki keluhan yang sah.

"Orang-orang muak dengan pernyataan bahwa Anda seharusnya malu jika Anda berkulit putih dan kelas pekerja, tetapi saya bangga menjadi kelas pekerja kulit putih," kata Karina yang berusia 41 tahun, yang tidak menyebutkan nama belakangnya, kepada AFP di Nottingham.

Para komentator berpendapat bahwa para demonstran, yang didorong oleh para influencer daring, mungkin merasa berani dengan pengaruh politik elemen-elemen anti-imigrasi dalam politik Inggris.

Pada pemilihan bulan lalu, partai Reform UK memperoleh 14 persen suara - salah satu perolehan suara terbesar untuk partai sayap kanan Inggris.

Starmer menuduh "para penjahat" "membajak" kesedihan bangsa untuk "menebar kebencian" dan telah mengumumkan langkah-langkah baru untuk memungkinkan pembagian informasi intelijen, penerapan teknologi pengenalan wajah yang lebih luas, dan perintah perilaku kriminal untuk membatasi para pembuat onar bepergian.

Menteri kepolisian Johnson mengatakan pemerintah akan melakukan "apa pun yang diperlukan" untuk memastikan orang-orang diadili, termasuk kemungkinan pengadilan bersidang semalaman seperti yang mereka lakukan selama kerusuhan tahun 2011.

 
Topik Menarik