Penyebab Kanker Payudara seperti yang Dialami Puput Novel

Penyebab Kanker Payudara seperti yang Dialami Puput Novel

Berita Utama | okezone | Senin, 9 September 2024 - 11:00
share

PENYEBAB kanker payudara seperti yang dialami Puput Novel, seorang politisi sekaligus artis tengah menjadi pembicaraan hangat. Perempuan cantik itu meninggal dunia pada 8 September 2024 setelah berjuang melawan kanker payudara sejak 2021.

Meski sempat membaik selama 2022-2023 dan masih sempat aktif di dunia politik, kesehatannya menurun drastis pada Agustus 2024 akibat komplikasi paru-paru, liver, dan jantung. Puput akhirnya meninggal karena gagal jantung setelah dirawat selama empat hari di ICU rumah sakit MMC Jakarta.

Penyebab Kanker Payudara dan Faktor Risikonya

Berkaca dari kasus Puput Novel, kanker payudara sendiri bermula dari pertumbuhan sel abnormal di jaringan payudara dan merupakan salah satu kanker paling umum, terutama pada wanita. Namun, pria juga dapat terkena kanker ini karena setiap orang memiliki jaringan payudara.

Penyebab kanker payudara bisa diperhatikan dari beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker. Merangkum dari NHS, Senin (9/92024), berikut ulasannya.

1. Usia di Atas 50 Tahun

 

Wanita berusia di atas 50 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

2. Jaringan Payudara Padat

Memiliki jaringan payudara padat yang terdeteksi melalui mammogram meningkatkan risiko kanker.

 

3. Riwayat Keluarga

Riwayat keluarga dengan kanker payudara atau ovarium, terutama jika ada mutasi gen BRCA1 atau BRCA2, meningkatkan risiko.

4. Kondisi Payudara Tertentu

Kondisi seperti karsinoma duktal in situ (DCIS) atau karsinoma lobular in situ (LCIS) juga dapat meningkatkan risiko.

Selain faktor-faktor di atas, paparan hormon seperti estrogen, progesteron, dan testosteron juga memengaruhi risiko kanker payudara. Kondisi yang meningkatkan paparan hormon meliputi:

1. Menstruasi Dini atau Menopause Terlambat

Menstruasi sebelum usia 12 atau menopause setelah usia 55 meningkatkan paparan estrogen, yang berisiko memicu kanker.

Topik Menarik