Heboh Demurrage Beras Rp294,5 Miliar, Perindo Ingatkan Penguatan Infrastruktur Beras Domestik

Heboh Demurrage Beras Rp294,5 Miliar, Perindo Ingatkan Penguatan Infrastruktur Beras Domestik

Berita Utama | inews | Jum'at, 9 Agustus 2024 - 22:45
share

JAKARTA, iNews.id - Partai Perindo menyarankan penguatan infrastruktur penyimpanan dan distribusi beras domestik. Hal itu menyoal skandal demurrage beras senilai hampir Rp300 miliar.

Menurut Ketua DPP Bidang Hubungan Luar Negeri Partai Perindo Dea Salsabila Defri, langkah ini perlu diambil serta dilakukan evaluasi secara menyeluruh untuk bisa menyelesaikan masalah pelik tersebut.

"Perindo mendorong penguatan infrastruktur penyimpanan dan distribusi beras domestik serta pengembangan kebijakan yang mendorong produksi ketahanan pangan dalam negeri," ucap Dea, Jumat (9/8/2024).

"Perihal demurrage beras senilai Rp294,5 miliar menggarisbawahi perlunya evaluasi menyeluruh terhadap sistem logistik dan administrasi ekspor-impor, perlu adanya reformasi fokus terhadap peningkatan efisiensi bongkar muat dan pengelolaan dokumen," tutur dia.

Selain evaluasi, ia berharap adanya upaya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan beras impor serta memastikan bahwa mekanisme pengadaan dan distribusi beras dilakukan secara efisien dan tepat guna.

Ia pun mengimbau agar pemangku kepentingan lebih aktif berkolaborasi dalam mempercepat penyerapan gabah petani guna meningkatnya kesejahteraan petani.

"Kolaborasi yang efektif akan mempercepat penyerapan gabah petani dan mengoptimalkan stok beras nasional, dan memastikan bahwa langkah-langkah perbaikan berkelanjutan diterapkan untuk dapat melindungi ekonomi maupun kesejahteraan petani," ucap dia.

Topik Menarik