Tersesat di Gunung Butak, 6 Pendaki Dievakuasi Tim SAR Gabungan Kota Batu

Tersesat di Gunung Butak, 6 Pendaki Dievakuasi Tim SAR Gabungan Kota Batu

Berita Utama | inews | Kamis, 1 Agustus 2024 - 21:11
share

KOTA BATU, iNews.id - Enam pendaki tersesat di Gunung Butak, Kota Batu. Keenam pendaki asal Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya itu berhasil dievakuasi tim SAR gabungan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu mengatakana, evakuasi dilakukansetelah keenam pendaki itu melaporkan tersesat ke keluarga.

"Salah satu survivor menghubungi keluarganya yang ada di Malang bahwa mereka tersesat. Kemudian keluarga menghubungi Pos Pendakian dan BPBD Kota Batu," kata Agung Sedayu, Kamis (1/8/2024).

Menurutnya, proses evakuasi keenam pendaki yakni Aliando Kurnia Pratama Susilo, Andre Nizar kurniawan, Mirfakul Qolbi, Sugeng Imam Prasetyo, dan Achmad Arif, warga Kabupaten Gresik, serta M. Rico Prasetya warga Benowo, Kota Surabaya, dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD, petugas pos pendakian, PSC Kota Batu, relawan, hingga warga sekitar.

"Tim Rescue Gabungan melakukan koordinasi dan melakukan proses evakuasi pada Rabu, 31 Juli 2024 pukul 02.00 WIB, melalui jalur pendakian panderman Butak, dan pukul 06.35 WIB survivor ditemukan dalam kondisi selamat," katanya.

Petugas lantas mengevakuasi keenam pendaki untuk turun ke pos pendakian. Sesampainya di Pos Pendakian Gunung Panderman Butak dan dilangsungkan pemeriksaan oleh PSC 119 Kota Batu.

"Kondisi mereka semuanya selamat dan sehat - sehat usai tersesat," ujarnya.

Topik Menarik