Lautan Sampah Sungai Citarum Tuntas Dibersihkan, Sempat Viral hingga Jadi Spot Swafoto

Lautan Sampah Sungai Citarum Tuntas Dibersihkan, Sempat Viral hingga Jadi Spot Swafoto

Berita Utama | inews | Selasa, 16 Juli 2024 - 15:34
share

BANDUNG, iNews.id - Lautan sampah Sungai Citarum, tepatnya di kawasan Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Desa Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat telah kembali bersih, Selasa (16/7/2024). Sebelumnya aliran air di sungai ini penuh dengan sampah hingga viral bahkan menjadi spot swafoto para warga.

Kondisi sampah di Sungai Citarum ini viral usai videonya diunggah komunitas pecinta lingkungan, Pandawara Group. Bahkan saking banyaknya sampah sampai menutupi seluruh Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum tersebut.

Dansatgab Kolonel Kav Edward Francis mengatakan, pembersihan sampah di lokasi tersebut melibatkan 215 personel gabungan dari TNI, Polri, Dinas Sumber Daya Air Jabar, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan masyarakat sekitar.

"Selama proses pembersihan berlangsung lancar tidak ada kendala berarti," ujar Edward, Selasa (16/7/2024).

Menurutnya, proses pembersihan sampah menggunakan alat-alat berat dan ringan seperti berbagai jenis ekskavator, perahu, truk jungkit (dump truck) dan beberapa alat penunjang lainnya.

"Aktivitas yang dilakukan yakni sampah diangkat ke bantaran lalu diangkut ke TPS. Kami juga memasang alat penyekat sampah agar berkumpul di satu titik untuk memudahkan ekskavator bekerja," katanya.

Kendati demikian, masih ada sejumlah sisa sampah masih tertumpuk di bantaran sungai untuk diangkat dan bertahap diangkut ke TPS. Edward meminta masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai demi kenyamanan, kesehatan dan kebaikan bersama.

"Selanjutnya akan terus kami pantau. Kita tidak behenti di sini," ucapnya.

Sebelumnya, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin mengungkapkan, diperlukan waktu hingga 1,5 bulan untuk membersihkan seluruh sampah di bawah Jembatan BBS.

"Memerlukan total 1,5 bulan untuk proses pembersihan, tapi untuk jembatan itu sendiri dalam 3 hari sudah bersih. Jadi memang di bawah jembatan bersih, tapi kemudian yang di bawah (sedimen) pada naik ke atas," kata Bey, Kamis (20/6/2024).

"Intinya kami terus bekerja, malah akan diperluas lagi jangkauannya," katanya.

Bey mengatakan, sampah akan semakin parah menumpuk ketika hujan turun. Saat hujan, sampah dari lokasi lain akan terbawa aruh hingga menumpuk di bawah Jembatan BBS.

"Intinya pembersihan perlu diperpanjang karena yang di bawah itu naik ke atas. Jika hujan (sampah) akan terbawa (arus), kalau kemarau (sampah) diam, lalu naik ke atas," ujarnya.

Topik Menarik