Pilkada Serentak 2024: Polda Jateng Siapkan Walpri Kawal Pasangan Cagub-Cawagub

Pilkada Serentak 2024: Polda Jateng Siapkan Walpri Kawal Pasangan Cagub-Cawagub

Berita Utama | semarang.inews.id | Rabu, 11 September 2024 - 07:30
share

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Personel Polri Polda Jateng telah dipilih untuk mengikuti pelatihan pengawalan pribadi (Walpri) bagi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Langkah ini merupakan bagian dari persiapan Operasi Mantap Praja Candi 2024 guna memastikan kelancaran dan keamanan Pilkada 2024 di Jawa Tengah.

Karo Ops Polda Jateng, Kombes Pol Basya Radyananda menyebut bahwa para personel disiapkan untuk mengawal dua paslon Gubernur dan Wakil gubernur, yaitu pasangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen serta pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi.

"Penugasan kalian akan dimulai tanggal 23 September 2024, Saya harap kalian siap secara fisik dan mental, karena tugas ini sangat krusial dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kontestasi politik Pilkada 2024," kata Kombes Pol Basya saat Apel Konsolidasi di Mapolda Jateng, Selasa (10/9).

Karo Ops menegaskan bahwa para personel Walpri dibebaskan dari tugas rutin dan sepenuhnya di bawah komando Wadansat Brimob AKBP Arif Agung selaku Kasatgas 8 Walpri. Hal ini guna menjaga profesionalitas dan memastikan petugas walpri fokus dalam melaksanakan tugasnya.

"Latihan ini bertujuan untuk memastikan personel siap melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab sehingga mampu menjaga nama baik dan marwah Polda Jateng," kata Karo Ops.

 

"Saya titipkan kepada Kasatgas 8 untuk melatih seluruh personel agar mampu melaksanakan tugas dengan baik, menjaga keamanan para pasangan calon, serta menjaga nama baik Polda Jateng selama pelaksanaan Pilkada," ujarnya.

Setelah apel konsolidasi, para personel walpri mengikuti pelatihan yang dilaksanakan di Mako Brimob Polda Jateng dengan  materi pelatihan mencakup bela diri praktis dan formasi pengawalan, baik untuk personel maupun kendaraan. 

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto menambahkan bahwa pelatihan ini penting untuk memastikan setiap personel memahami tugas dan tanggung jawabnya selama proses pengawalan. 

Dirinya juga memastikan bahwa para personel walpri akan menjunjung tinggi netralitas dan profesionalitas dalam pelaksanaan tugas.

"Polda Jateng berkomitmen untuk menjalankan tugas pengamanan Pilkada termasuk pengawalan pribadi terhadap para pasangan calon yang berkontestasi dengan profesional. Hal ini demi terwujudnya Pilkada yang aman, damai, dan kondusif," tegasnya.
 

Topik Menarik