Sandiaga Uno Apresiasi Garuda Indonesia Sigap Atasi Insiden Tangki Pesawat Bocor

Sandiaga Uno Apresiasi Garuda Indonesia Sigap Atasi Insiden Tangki Pesawat Bocor

Travel | inews | Senin, 26 Agustus 2024 - 22:36
share

JAKARTA, iNews.id - Insiden pesawat Garuda Indonesia gagal terbang karena tangki bahan bakar avtur bocor menjadi perbincangan hangat. Kejadian tersebut ramai di media sosial usai diunggah oleh penyanyi Kunto Aji melalui akun X/Twitter @KuntoAjiW. 

Dalam video yang dibagikan terlihat bahan bakar avtur keluar dari tangki yang berada di bagian sayap pesawat. Kejadian tersebut mendapatkan berbagai tanggapan dari berbagai pihak. 

Salah satunya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) turut memberi tanggapan terkait insiden pesawat Garuda Indonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memberi apresiasi terhadap maskapai pelat merah tersebut terhadap kesigapan atas insiden itu. 

Termasuk terhadap musisi Kunto Aji yang pertama kali membagikan video insiden ketika pesawat Garuda Indonesia yang ditumpanginya itu mengalami kebocoran bahan bakar.

“Kita juga berterima kasih kepada Kunto Aji yang sudah memberikan informasi terkait bocornya avtur Garuda ini. Dan tentunya ini tanggung jawab kita bersama menjaga keselamatan,” ujar Sandiaga, dalam The Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU), secara online, Senin, (26/8/2024).

Hal senada juga diungkapkan oleh Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya. Dia mengapresiasi langkah Garuda Indonesia yang mengedepankan sisi savety demi keselamatan penumpang. 

“Yang pertama kami mengapresiasi kehati-hatian prinsip, betapa Garuda itu memang menaruh savety. Jadi ini langkah kehati-hatian,” kata Nia. 

Menurutnya, maskapai Garuda Indonesia telah menerapkan standar keamanan yang sesuai. Dia lantas berharap agar maskapai tersebut bisa mempertahankan SOP mereka demi mengedepankan keamanan penumpang.

“SOP yang dijalankan oleh Garuda itu kami mengapresiasi dan juga berharap ini akan terus dipertahankan. Karena ini menyangkut citra Garuda Indonesia sebagai penerbangan yang aman. Dan tentunya juga untuk dunia penerbangan Indonesia,” tuturnya. 

Sebagai informasi, sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan penerbangan tersebut merupakan GA-174 rute Jakarta - Pekanbaru dengan jadwal keberangkatan dari Soetta pukul 11.50 WIB. 

Pesawat tersebut dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II pukul 13.35 WIB yang terbang dengan menggunakan armada PK-GFW. 

Sebagai pengganti, semua penumpang yang berjumlah 135 orang diterbangkan menggunakan pesawat pengganti pada pukul 14.00 WIB.

Topik Menarik