Sandiaga Uno Ajak Pelaku Ekraf Balikpapan Perkuat Inovasi Kembangkan Potensi

Sandiaga Uno Ajak Pelaku Ekraf Balikpapan Perkuat Inovasi Kembangkan Potensi

Travel | inews | Selasa, 13 Agustus 2024 - 21:52
share

BALIKPAPAN, iNews.id - Ada banyak potensi yang ada di Kalimantan Timur bisa dikembangkan. Maka itu, pelaku kreatif diminta untuk berinovasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Kalimantan Timur, khususnya di Balikpapan memperkuat inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dalam memperkuat potensi yang ada.

"Potensi sumber daya yang ada harus digarap dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi agar Balikpapan semakin maju ke depan," kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri kegiatan "Kelana Nusantara" di Pangeran Dimsum Resto, Balikpapan, Senin (12/8/2024).

Sandiaga mengatakan, Balikpapan memiliki potensi ekraf yang kuat. Terlebih, Pemerintah Kota Balikpapan telah mengikuti Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) pada 2016 dengan subsektor unggulan aplikasi dan gim.

"Selain ada subsektor penunjang di Balikpapan yang mencakup kuliner, kriya, dan fesyen," katanya.

Menparekraf Sandiaga menuturkan, program "Kelana Nusantara" merupakan ajang serap aspirasi dari para pelaku ekonomi kreatif yang diinisiasi oleh Kemenparekraf. Forum ini menjadi wadah untuk menampung aspirasi dari bawah atau dikenal dengan istilah bottom up untuk nantinya dijadikan bahan masukan dan evaluasi untuk menyusun kebijakan ke depan.

"Semoga di masa mendatang ekonomi kreatif di Balikpapan bisa semakin maju dan bisa menunjang kehadiran IKN (Ibu Kota Nusantara)," ujar Sandiaga.

Dalam kegiatan ini, Menparekraf Sandiaga didampingi Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Oneng Setya Harini. Turut hadir pula Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Balikpapan, Ratih Kusuma.