7 Oleh-Oleh Khas Medan yang Tahan Lama, Wajib Coba Ikan Sale yang Menggugah Selera

7 Oleh-Oleh Khas Medan yang Tahan Lama, Wajib Coba Ikan Sale yang Menggugah Selera

Travel | inews | Jum'at, 13 September 2024 - 16:19
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak oleh-oleh khas Medan yang tahan lama bisa Anda beli saat melakukan perjalanan wisata ke Tanah Deli ini. Anda bisa membeli oleh-oleh kekinian, hingga yang legendaris, bisa disesuaikan dengan selera.

Perlu diketahui, Medan merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Utara terletak di bagian utara pulau Sumatera. Medan menjadi kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Selain memiliki destinasi wisata menakjubkan, Medan juga menyimpan banyak oleh-oleh legendaris yang harus dicicipi.

Kali ini, jika ingin membeli oleh-oleh khas Medan, Anda bisa memilih yang tahan lama agar rasa dan tekstur oleh-oleh itu masih terasa enak untuk dimakan. Terutama bagi Anda yang melakukan perjalanan jauh, wajib untuk membeli oleh-oleh yang tahan lama.

Penasaran, apa saja oleh-oleh Khas Medan yang tahan lama untuk dibawa pulang diberikan kepada anggota keluarga dan teman? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (13/9/2024).

Oleh-Oleh Khas Medan yang Tahan Lama

1. Bolu Meranti

Oleh-oleh pertama yang bisa dibeli ada Bolu Meranti. Bolu lapis ini terkenal dengan tekstur lembut dan rasa manis. Bolu ini biasanya dijual dalam berbagai varian rasa, termasuk cokelat dan keju. Anda bisa membeli bolu ini sebagai oleh-oleh yang tahan lama. Anda bisa menyimpan Bolu Meranti sekitar 1-2 minggu dalam suhu ruangan, atau hingga satu bulan jika disimpan dalam kulkas. Adapun kisaran harga Bolu Meranti Rp80.000 - Rp120.000 per kotak (tergantung varian dan ukuran). Bolu Meranti berlokasi di Jalan Meranti, Medan, Sumatera Utara.

2. Pisang Salai

Salai pisang atau sale pisang adalah makanan hasil olahan pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan, kemudian dipotong iris-iris dan dijemur. Salai pisang dikenal mempunyai rasa dan aroma khas yang cenderung manis. Lama penyimpanan pisang salai adalah 6 bulan jika disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Adapun harga pisang salai Rp30.000 - Rp60.000 per pack (tergantung ukuran dan kemasan). Oleh-oleh pisang salai berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Medan, Sumatera Utara.

3. Bika Ambon

Bika Ambon adalah kue tradisional yang memiliki tekstur berlubang-lubang dan rasa manis. Kue ini terbuat dari bahan-bahan seperti telur, santan, dan ragi. Oleh-oleh ini bisa bertahan selama 2-3 hari dalam suhu ruangan, atau hingga 1 minggu jika disimpan dalam kulkas. Adapun kisaran harga bika ambon adalah Rp80.000 - Rp120.000 per box (tergantung ukuran). Bika Ambon Zulaikha berlokasi di Jalan Pahlawan No. 25, Medan, Sumatera Utara.

4. Kacang Teri Medan

Kacang Teri adalah camilan renyah yang terbuat dari kacang tanah yang digoreng dengan bumbu teri. Rasanya gurih dan sedikit pedas. Oleh-oleh ini bisa tahan hingga 1 bulan jika disimpan dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan kering. Harga kacang teri dibanderol Rp40.000 - Rp70.000 per pack (tergantung ukuran dan kemasan). Kacang Teri Medan berlokasi di Jalan Hasanuddin No. 14, Medan, Sumatera Utara.

5. Sirup Buah Markisa

Oleh-oleh khas Medan lainnya yang harus dibeli ada sirup buah markisa. Sirup markisa memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Sirup segar ini diolah dari buah Markisa asli dari tanah Berastagi. Harga sirup ini dibanderol Rp60.000. Sirup ini bisa dibeli di Jalan Sei Tuan No.7, Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

6. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang merupakan kopi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara dan terkenal hingga mancanegara. Sidikalang merupakan wilayah pegunungan dengan tanah yang subur, suhu sejuk, dan curah hujan yang cukup untuk menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik. Kopi ini didapatkan di pasar atau berbagai sumermarket di Medan.

7. Ikan Sale

Selanjutnya adalah Ikan Sale Medan. Olahan ikan khas Medan ini punya ketahanan yang cukup lama karena proses pengasapan sekitar 3 jam. Ikan sale memiliki rasa yang gurih, sehingga cocok dijadikan camilan atau lauk. Ketahanan dari ikan sale Medan bisa mencapai enam bulan sampai satu tahun. Harga dari Ikan Sale bisa mencapai Rp45.000 untuk 250 gram.

Itulah seputar oleh-oleh khas Medan yang tahan lama. Jika Anda mengunjungi Medan, tempat-tempat tersebut adalah pilihan yang baik untuk membeli oleh-oleh khas yang tahan lama dan berkualitas. Selamat mencoba!