7 Desa di Jombang Punya Pemandangan Menakjubkan, Alamnya Masih Alami Bikin Tenang 

7 Desa di Jombang Punya Pemandangan Menakjubkan, Alamnya Masih Alami Bikin Tenang 

Travel | inews | Jum'at, 13 September 2024 - 13:41
share

JAKARTA, iNews.id - Desa di Jombang sangat menarik untuk dijelajahi. Jombang merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yang dikenal sebagai "Kota Santri" karena memiliki banyak pesantren dan menjadi pusat pendidikan Islam di Jawa Timur. 

Selain itu, Jombang juga memiliki sejumlah tempat wisata alam, sejarah, dan budaya yang menarik, seperti makam pahlawan nasional KH. Hasyim Asy'ari dan KH. Wahid Hasyim, serta wisata alam seperti Air Terjun Tretes dan Bukit Hijau Carangwulung.

Namun di balik keindahan alamnya, Jombang juga memiliki beberapa desa menarik yang belum diketahui banyak orang. Sesekali Anda bisa berkunjung ke desa tersebut. Penasaran, di mana saja desa unik di Jombang yang harus dikunjungi minimal sekali seumur hidup? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (13/9/2024).

Desa di Jombang 

1. Desa Wonosalam

Desa pertama yang harus dikunjungi ada Wonosalam. Desa ini berlokasi di lereng Gunung Anjasmoro dengan ketinggian rata-rata 500-600 mdpl. Wonosalam terletak 35 km sebelah tenggara Kabupaten Jombang. Desa ini merupakan salah satu penghasil durian terbesar di Jawa Timur. Setiap tahun di kecamatan ini diadakan tradisi Kenduren Wonosalam. Tradisi ini sebagai bentuk wujud syukur penduduk Wonosalam atas hasil panen durian. Desa Wonosalam juga terkenal dengan udara sejuk, menjadi destinasi favorit wisata alam di Jombang, dengan pemandangan pegunungan yang memukau. Selain durian, desa ini juga memiliki kawasan wisata Bukit Hijau dan Air Terjun Tretes.

2. Desa Carangwulung

Desa ini dikenal sebagai tempat Bukit Hijau Carangwulung, destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan untuk trekking dan camping. Dikelilingi oleh hutan dan perbukitan, desa ini menawarkan pemandangan yang indah dan udara yang segar. Desa Carangwulung, memiliki potensi sumber daya alam melimpah. Terdapat berbagai macam hasil perkebunan yang dimilikinya seperti durian, salak dan kopi. Desa Carangwulung memiliki beranekaragam destinasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, dan wisata budaya. Pemandangan alam Desa Carangwulung yang sejuk, asri, dan tenang menjadi pilihan berwisata bagi Anda.

3. Desa Bareng

Terletak di daerah perbukitan, Desa Bareng merupakan desa yang kaya akan potensi alam, salah satunya Kedung Cinet, kawasan sungai yang dikelilingi tebing-tebing batu kapur. Pemandangannya eksotis dan cocok untuk wisata alam. Desa ini terletak di bagian selatan Kabupaten Jombang, berbatasan dengan kecamatan Ngoro, Wonosalam, Mojoagung dan Mojowarno. Jarak lokasi dengan ibu kota kabupaten sekitar 30 kilometer. Kondisi geografis sebagian berupa daerah perbukitan dan sebagian dataran rendah. 

4. Desa Mojowarno

Desa Mojowarno adalah desa yang memiliki nilai sejarah penting di Jombang, khususnya dalam penyebaran agama Kristen di Jawa Timur. Mojowarno juga memiliki sumber air alami bernama Sumberboto, yang populer untuk pemandian dan rekreasi keluarga. Mata pencaharian pokok penduduknya adalah bertani dengan hasil utama pertanian meliputi padi, jagung, kedelai, kacang hijau, bawang merah serta sayur-sayuran. 

5. Desa Jatiwates

Jatiwates adalah desa yang asri dengan suasana perdesaan yang tenang. Penduduknya banyak bekerja di sektor pertanian. Desa ini menjadi salah satu pusat pertanian padi di Jombang.

6. Desa Plandaan

Selanjutnya ada Desa Plandaan yang terletak di dekat aliran Sungai Brantas dan terkenal dengan pertanian serta perkebunan. Desa Plandaan menawarkan pemandangan hijau sawah yang membentang, dan suasana khas perdesaan yang damai.

7. Desa Jombok

Desa ini terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pesona pegunungan dan hutan di sekitarnya. Jombok menjadi tempat favorit untuk pendaki dan pencinta alam yang ingin menjelajahi alam liar. Desa ini berlokasi di Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Itulah desa di Jombang yang menarik untuk dieksplorasi. Setiap desa ini memiliki karakteristik tersendiri, dari wisata alam, sejarah, hingga pertanian yang menjadi bagian integral kehidupan masyarakat Jombang. Selamat berkunjung!

Topik Menarik