Jualan Sejak 1967, Makan Bubur Kacang Ijo dan Ketan Item di Tempat Ini Tidak Boleh Diaduk

Jualan Sejak 1967, Makan Bubur Kacang Ijo dan Ketan Item di Tempat Ini Tidak Boleh Diaduk

Travel | inews | Jum'at, 13 September 2024 - 12:27
share

JAKARTA, iNews.id - Bogor merupakan kota di Jawa Barat yang dikenal memiliki kuliner lezat menggugah selera. Ada banyak makanan legendaris di kota hujan ini harus dicicipi saat liburan. 

Kali ini, jika Anda memilih liburan ke Bogor jangan lewatkan untuk singgah ke salah desa di kawasan Bogor Tengah. Tepatnya tempat tersebut ada di Jalan Suryakencana, Babakan Pasar, Bogor Tengah. Di sini terdapat penjual bubur kacang hijau dan ketan hitam legendaris yang sudah berjualan sejak 1967. 

Penjual bubur kacang ijo dan ketan hitam tersebut bernama Guan Tjo. Tempat ini belakangan viral kembali usai video warung bubur ini dibagikan oleh pengunjung dan diposting kembali oleh akun Instagram @visitbogor.

Warung bubur tersebut terlihat masih sederhana. Beberapa tampak sedang menikmati hidangan yang disajikan. 

"Bubur Kacang Ijo & Ketan Item masak pakai tungku arang, legit sejak 1967! Kalau kamu lagi di Suryakencana, jangan lewatkan Bubur Kacang Ijo dan Ketan Item Guan Tjo yang udah jualan sejak tahun 1967, turun-temurun hingga beberapa generasi," tulis Instagram@visitbogor.

Bubur kacang ijo dan ketan item tersebut masih dimasak memakai tungku arang, aromanya khas, dan penjualnya menjamin kehalalannya serta sedang dalam proses sertifikasi halal juga! 

Hal paling penting saat menyantap bubur kacang hijau dan ketan itemnya jangan sampai dicampur. "Cara makannya ada aturannya, lho: jangan diaduk! Biarkan santan kental tetap berlapis di atas kacang ijo dan ketan item supaya rasa legitnya tetap terjaga," kata pemilik warung.

Bubur ini beda dari bubur madura yang lebih encer. Tanpa topping roti, tapi porsinya membuat kenyang. Rasanya lembut, manisnya pas, dan ketika santan kental bercampur dengan kacang ijo dan ketan item, rasanya sempurna. Cocok untuk Anda yang mencari camilan sore hangat dan legit!

Bubur Kacang Ijo & Ketan Item Guan Tjo berlokasi di Jalan Suryakencana, Babakan Pasar, Bogor Tengah. Warung ini buka setiap hari mulai i12.00 WIB - 18.00 WIB (Kamis Libur). Harga yang dibanderol sangat murah Rp12.000. Selamat mencoba!