Ada Makam Unik di Ponorogo, Sediakan Tempat Nongkrong hingga Bisa Ngopi

Ada Makam Unik di Ponorogo, Sediakan Tempat Nongkrong hingga Bisa Ngopi

Terkini | ponorogo.inews.id | Minggu, 13 Oktober 2024 - 19:40
share

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Tempat pemakaman yang ada di Desa Gandu Kecamatan Mlarak, Ponorogo ini, terbilang unik. Dimana di area makam dilengkapi berbagai fasilitas, diantaranya gazebo, meja untuk ngopi ataupun nongkrong, hingga ada peralatan dan bahan untuk membuat minuman kopi atau lainnya.

Suasana yang asri dan sejuk, diharapkan pengunjung atau penziarah bisa nyaman serta jauh dari kesan menakutkan yang biasanya melekat pada makam.

Jika datang ke makam ini terlihat dikelilingi persawahan dan memberikan suasana yang berbeda. Pada saat di tengah makam, banyak warga yang rutin datang untuk bersantai sambil menikmati secangkir kopi.

"Kita sediakan fasilitas-fasilitas ini, supaya makam ini tidak terkesan angker dan bisa dimanfaatkan oleh para peziarah atau pengunjung yang datang bisa membuat kopi gratis," kata Pengelola Makam Desa Gandu, Sugeng Prayitno. 

Tidak hanya ada berbagai minuman dan jajanan, pengelola juga menyediakan buku Yasin yang ingin berdoa bagi keluarga yang dimakamkan di tempat tersebut. Kondisi makam juga sangat terawat, banyak tanaman yang memberikan nuansa sejuk dan segar. 

"Warga gotong royong merawat makam ini, dengan membersihkan dan menyirami tanaman, sehingga makam ini selalu terlihat bersih dan terjaga," terangnya. 

Sugeng menambahkan bahwa tujuan dari konsep ini guna mengubah kesan masyarakat terhadap makam. Sehingga banyak orang yang datang untuk berziarah dan mendoakan kerabatnya, yang telah meninggal.

 "Jika kuburan nyaman dan fasilitasnya lengkap, ahli waris pasti akan sering berkunjung," pungkasnya.

Topik Menarik