Jenderal Marinir Terima Brevet Kopaska TNI AL, Jadi Warga Kehormatan Pasukan Katak

Jenderal Marinir Terima Brevet Kopaska TNI AL, Jadi Warga Kehormatan Pasukan Katak

Terkini | inews | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 07:27
share

JAKARTA, iNews.id - Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen (Marinir) Nur Alamsyah menjadi warga kehormatan Pasukan Katak. Letjen Nur Alamsyah menerima Brevet Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL bersama Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksda Yoos Suryono.

Penyematan berlangsung di Ksatrian Satkopaska Koarmada I, Pondok Dayung, Jakarta Utara, Jumat (23/8/2024).

Sebanyak 550 personel dari Satkopaska Koarmada I terlibat dalam upacara tradisi penyematan yang dipimpin Dansatkopaska Koarmada I, Kolonel Laut (T) Evi Bayu Priatno.

Upacara tradisi diawali demonstrasi dengan menyalakan bom asap di Jembatan Pantai Mutiara dan tembakan peluru hampa, aksi penyerbuan di Gedung Navy Club dan peledakan di depan pintu Kolam Dermaga Damar. Semua aksi dipertontonkan dengan penuh kecepatan dan ketepatan.
 
Untuk melengkapi tradisi sebagai Manusia Katak, Dankodiklatal dan Pangkoarmada I melakukan penembakan senjata gutling dan pengambilan nama sandi yang menandai berakhirnya demonstrasi Kopaska TNI AL.

Setelah demonstrasi selesai, acara dilanjutkan dengan upacara penyematan Brevet di Dermaga Sunda Pondok Dayung. Upacara diawali dengan persiapan pasukan, laporan perwira upacara dan pembacaan surat keputusan KSAL.

Dalam upacara tersebut, Komandan Puskopaska (Danpuskopaska) TNI AL Laksma Baroyo Eko Basuki menyematkan Brevet Kopaska kepada Dankodiklatal dan Pangkoarmada I.

"Hal ini merupakan bentuk penghargaan tertinggi dari Kopaska TNI AL terhadap personel yang dinilai telah memberikan dharma bakti dan sumbangsih berupa pikiran, tenaga, dukungan, rasa simpati dan moril untuk kemajuan Kopaska TNI AL," tulis keterangan Dispenal, Sabtu (24/8/2024).

Proses penyematan brevet dilaksanakan dengan khidmat serta dilanjutkan dengan pembacaan janji Manusia Katak.

Topik Menarik